ANALISIS VISUAL KARAKTER UTAMA PADA IKLAN KITKAT VERSI “MENTOK THE LEGEND: PENDEKAR GOLOK EMAS” TAHUN 2015

Pramono, Caecilia Marry (2017) ANALISIS VISUAL KARAKTER UTAMA PADA IKLAN KITKAT VERSI “MENTOK THE LEGEND: PENDEKAR GOLOK EMAS” TAHUN 2015. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
13.13.0009 Caecilia Marry Pramono COVER.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
13.13.0009 Caecilia Marry Pramono BAB I.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
13.13.0009 Caecilia Marry Pramono BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
13.13.0009 Caecilia Marry Pramono BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
13.13.0009 Caecilia Marry Pramono BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
13.13.0009 Caecilia Marry Pramono BAB V.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.13.0009 Caecilia Marry Pramono DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
13.13.0009 Caecilia Marry Pramono LAMPIRAN.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Di Indonesia, penayangan iklan ditampilkan melalui berbagai media. Di era globalisasi seperti sekarang ini tak hanya media televisi, tapi pemanfaatan akses internet utnuk beriklan banyak dilakukan berbagai pihak. Hal ini dikarenakan internet mampu menjangkau masyarakat luas di berbagai belahan dunia. Salah satu yang memanfaatkan akses ini untuk beriklan adalah KitKat. KitKat merupakan sebuah perusahaan snack coklat internasional yang telah mengimpor produknya ke lebih dari 20 negara di dunia dan salah satunya adalah Indonesia. Iklan KitKat selalu dibuat dengan unsur komedi (humor) dan konsep yang unik, disesuaikan dengan selera humor negara pengimpor masing - masing. Di Indonesia sendiri, salah satu video KitKat yang berjudul “Mentok The Legend: Pendekar Golok Emas” telah sukses menarik perhatian masyarakat Indonesia, bahkan iklan tersebut berhasil memproduksi iklan jilid kedua sebagai kisah keberlanjutannya. Di samping pengangkatan kisah legenda, kedua iklan KitKat tersebut menampilkan tokoh utama dengan penampilan khas layaknya pendekar yang memiliki tanda – tanda visual Budaya Cina. Fokus penelitian ini kemudian ditentukan pada tokoh utama tersebut dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana budaya Cina direpresentasikan melalui visual tokoh utama tersebut serta mengetahui makna konotasi dan denotasi dari visual tokoh utama sebagai representasi budaya Cina. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dan pendekatan semiotika Roland Barthes. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini diharapkan mampu mengungkap bagaimana makna dibalik tokoh utama pendekar dalam iklan KitKat versi “Mentok The Legend: Pendekar Golok Emas”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation
700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 11 Dec 2017 07:10
Last Modified: 18 May 2022 05:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15453

Actions (login required)

View Item View Item