Noviantika LS, Yania (2017) RANCANGAN PENGENDALIAN KUALITAS TERHADAP TINGKAT KERUSAKAN PRODUK BUKU DENGAN METODE SIX SIGMA PADA CV LIMA BELAS. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
13.30.0264 Yania Noviantika LS COVER.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
13.30.0264 Yania Noviantika LS BAB I.pdf Download (239kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
13.30.0264 Yania Noviantika LS BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
||
|
Text (BAB III)
13.30.0264 Yania Noviantika LS BAB III.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
13.30.0264 Yania Noviantika LS BAB IV.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
13.30.0264 Yania Noviantika LS BAB V.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.30.0264 Yania Noviantika LS DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
13.30.0264 Yania Noviantika LS LAMPIRAN.pdf Download (160kB) | Preview |
Abstract
Saat ini, banyak perusahaan sejenis yang berlomba – lomba untuk mendapatkan loyalitas serta kepercayaan dari konsumen. Dengan menghasilkan produk – produk yang berkualitas, perusahaan akan mampu mendapatkan laba yang tinggi, karena konsumen telah percaya dan loyal dengan hasil produk sesuai keinginan dari konsumen. CV Lima Belas merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan yang berusaha untuk meningkatkan kualitas produknya dengan menekan tingkat produk cacat dalam proses produksinya. Salah satu cara alternatif yang dapat membantu perusahaan dalam menghasilkan produk sesuai standar kualitas melalui pengendalian kualitas. Six sigma merupakan suatu metode pengendalian kualitas yang bertujuan untuk dapat mengurangi tingkat kecacatan produk mencapai 3.4 DPMO (defect per million opportunities – kegagalan per sejuta kesempatan). Metode penelitian pada jenis dan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah jenis dan penyebab kerusakan/kecacatan produk buku, sedangkan data sekunder adalah data jumlah produksi, jumlah produk cacat, dan persentase produk cacat buku. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah six sigma dengan menggunakan pendekatan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada produk buku, dapat diketahui bahwa CV Lima Belas memiliki tingkat sigma sebesar 2,64 dengan kemungkinan kecacatan sebesar 8.281 per sejuta produk (DPMO). Hal ini menunjukan pengendalian kualitas perusahaan masih belum baik yang masih jauh dari tingkat sigma 6,00, sehingga perusahaan perlu melakukan proses perbaikan yang bersifat terus-menerus. Untuk mengindentifikasi sumber akar penyebab menggunakan diagram pareto, jenis penyebab utama masalah kecacatan produk buku yaitu warna gambar kurang cerah dengan frekuensi kecacatan sebesar 1676, dan sumber akar penyebab kecacatan ini adalah faktor manpower, faktor machines, faktor methods, faktor materials, faktor money, faktor media, dan faktor motivation. Adapun saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan yaitu memberikan arahan prosedur kerja yang jelas secara tertulis dan disertai penjelasan lisan, memberikan pelatihan yang berguna meningkatkan keterampilan karyawan, melakukan servis mesin secara berkala, perusahaan perlu memperhatikan lingkungan kerja sehingga karyawan merasa nyaman dalam bekerja, dan mengadakan evaluasi secara berkala dengan seluruh karyawan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Executive management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 07:06 |
Last Modified: | 12 May 2022 00:54 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15223 |
Actions (login required)
View Item |