Pengaruh Motivasi dan Kreativitas Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha

Leonadi, Steven (2017) Pengaruh Motivasi dan Kreativitas Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.30.0195 Steven Leonadi COVER.pdf

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
12.30.0195 Steven Leonadi BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
12.30.0195 Steven Leonadi BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
12.30.0195 Steven Leonadi BAB III.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
12.30.0195 Steven Leonadi BAB IV.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
12.30.0195 Steven Leonadi BAB V.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.30.0195 Steven Leonadi DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
12.30.0195 Steven Leonadi LAMPIRAN.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa berwirausaha, mengetahui apakah ada pengaruh kreativitas terhadap minat mahasiswa berwirausaha, dan mengetahui apakah ada pengaruh motivasi dan kreativitas terhadap minat mahasiswa berwirausaha. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program studi Manajemen, Konsentrasi Kewirausahaan yang berjumlah 30 mahasiswa terdiri dari 14 orang laki – laki dan 16 orang perempuan, dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016 – 2017 antara bulan Juli 2016 s.d Februari 2017. Teknik analisis data menggunakan pendekatan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha, kreativitas tidak berpengaruh terhadap minat berwirusaha, serta motivasi dan kreativitas berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha. Tidak berpengaruhnya kreativitas disebabkan oleh hal ini disebabkan oleh pemahaman mahasiswa akan kreativitas yang masih sebatas konsep (kendala konseptual), yaitu pemahaman tentang kreativitas sebagai sifat yang diwarisi oleh orang yang berbakat luar biasa atau genius. Kreativitas diasumsikan sebagai sesuatu yang dimiliki atau tidak dimilliki, dan tidak banyak yang dapat dilakukan melalui pendidikan untuk mempengaruhinya. Sudah jelas hal ini disebabkan oleh pola pikir mahasiswa yang salah terhadap kreativitas. Namun hal tersebut tidak mempengaruhi minat mahasiswa menjadi seorang wirausahaan. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pengalaman berbisnis mahasiswa / responden masih cukup minim. Mahasiswa / responden membutuhkan sebuah program nyata tentang wirausaha untuk memacu motivasi dan kreativitas berwirausaha lebih lagi serta memiliki gambaran secara nyata tentang dunia bisnis yang sebenarnya. Bussiness Fellowship dinilai menjadi sebuah jalan keluar untuk mengatasi hal tersebut. Dengan adanya program ini, diharapkan nantinya mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk merealisasikan bisnis secara nyata, sehingga motivasi dan kreativitas yang dimiliki semakin meningkat dan bermuara terhadap adanya minat berwirausaha kelak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence > Motivation
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 28 Nov 2017 06:49
Last Modified: 27 Apr 2022 03:17
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15178

Actions (login required)

View Item View Item