HUWAE, ARTHUR (2017) HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DAN PERSEPSI TERHADAP KOMPETENSI GURU DENGAN PEMBOLOSAN SISWA PENERIMA BEASISWA ADEM. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
14.E3.0031 Arthur Huwae COVER.pdf Download (732kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
14.E3.0031 Arthur Huwae BAB I.pdf Download (164kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
14.E3.0031 Arthur Huwae BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
|
Text (BAB III)
14.E3.0031 Arthur Huwae BAB III.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
14.E3.0031 Arthur Huwae BAB IV.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
14.E3.0031 Arthur Huwae BAB V.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.E3.0031 Arthur Huwae DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
14.E3.0031 Arthur Huwae LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dan persepsi terhadap kompetensi guru dengan pembolosan siswa penerima beasiswa ADEM. Hipotesis dalam penelitian ini: 1) hipotesis mayor: ada hubungan antara self-regulated learning dan persepsi terhadap kompetensi guru dengan pembolosan siswa penerima beasiswa ADEM; 2) hipotesis minor 1: ada hubungan negatif antara self-regulated learning dengan pembolosan siswa penerima beasiswa ADEM; 3). Hipotesis minor 2: ada hubungan negatif antara persepsi terhadap kompetensi guru dengan pembolosan siswa penerima beasiswa ADEM. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa penerima beasiswa ADEM yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala self-regulated learning ,skala persepsi terhadap kompetensi guru, dan untuk variabel pembolosan siswa penerima beasiswa ADEM diperoleh dari poin pelanggaran selama tiga bulan; Juli, Agustus, dan September pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis korelasi berganda dan korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan antara self-regulated learning dan persepsi terhadap kompetensi guru dengan pembolosan siswa penerima beasiswa ADEM dengan, nilai F = 8,425 dengan nilai sig. F change 0,001 (p<0.05) yang menunjukkan bahwa hipotesis mayor diterima. Selanjutnya, hasil penelitian juga menunjukkan terdapat hubungan negatif signifikan antara self-regulated learning dengan pembolosan siswa penerima beasiswa ADEM (rx1y=-0,563 dengan p<0.05), serta terdapat hubungan negatif signifikan antara persepsi terhadap kompetensi guru dengan pembolosan siswa penerima beasiswa ADEM (rx2y=-0.595 dengan p<0,05). Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis minor penelitian diterima. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi bagi siswa untuk mengurangi pembolosan dan meningkatkan self-regulated learning sehingga berdampak pada prestasi yang tinggi. Bagi guru, dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam meningkatkan kompetensi yang lebih kompeten. Untuk pihak pemberi beasiswa, dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk lebih maksimal lagi dalam memperhatikan siswa-siswi penerima beasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology |
Divisions: | Graduate Program in Psychology |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 10 Nov 2017 01:25 |
Last Modified: | 10 Nov 2017 01:25 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15106 |
Actions (login required)
View Item |