HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DAN PERSEPSI TERHADAP KOMPETENSI GURU DENGAN PEMBOLOSAN SISWA PENERIMA BEASISWA ADEM

HUWAE, ARTHUR (2017) HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DAN PERSEPSI TERHADAP KOMPETENSI GURU DENGAN PEMBOLOSAN SISWA PENERIMA BEASISWA ADEM. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
14.E3.0031 Arthur Huwae COVER.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
14.E3.0031 Arthur Huwae BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
14.E3.0031 Arthur Huwae BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
14.E3.0031 Arthur Huwae BAB III.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
14.E3.0031 Arthur Huwae BAB IV.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
14.E3.0031 Arthur Huwae BAB V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.E3.0031 Arthur Huwae DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
14.E3.0031 Arthur Huwae LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dan persepsi terhadap kompetensi guru dengan pembolosan siswa penerima beasiswa ADEM. Hipotesis dalam penelitian ini: 1) hipotesis mayor: ada hubungan antara self-regulated learning dan persepsi terhadap kompetensi guru dengan pembolosan siswa penerima beasiswa ADEM; 2) hipotesis minor 1: ada hubungan negatif antara self-regulated learning dengan pembolosan siswa penerima beasiswa ADEM; 3). Hipotesis minor 2: ada hubungan negatif antara persepsi terhadap kompetensi guru dengan pembolosan siswa penerima beasiswa ADEM. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa penerima beasiswa ADEM yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala self-regulated learning ,skala persepsi terhadap kompetensi guru, dan untuk variabel pembolosan siswa penerima beasiswa ADEM diperoleh dari poin pelanggaran selama tiga bulan; Juli, Agustus, dan September pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis korelasi berganda dan korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan antara self-regulated learning dan persepsi terhadap kompetensi guru dengan pembolosan siswa penerima beasiswa ADEM dengan, nilai F = 8,425 dengan nilai sig. F change 0,001 (p<0.05) yang menunjukkan bahwa hipotesis mayor diterima. Selanjutnya, hasil penelitian juga menunjukkan terdapat hubungan negatif signifikan antara self-regulated learning dengan pembolosan siswa penerima beasiswa ADEM (rx1y=-0,563 dengan p<0.05), serta terdapat hubungan negatif signifikan antara persepsi terhadap kompetensi guru dengan pembolosan siswa penerima beasiswa ADEM (rx2y=-0.595 dengan p<0,05). Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis minor penelitian diterima. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi bagi siswa untuk mengurangi pembolosan dan meningkatkan self-regulated learning sehingga berdampak pada prestasi yang tinggi. Bagi guru, dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam meningkatkan kompetensi yang lebih kompeten. Untuk pihak pemberi beasiswa, dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk lebih maksimal lagi dalam memperhatikan siswa-siswi penerima beasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology
Divisions: Graduate Program in Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 10 Nov 2017 01:25
Last Modified: 10 Nov 2017 01:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15106

Actions (login required)

View Item View Item