PRAYOGO, YUDHA HARI (2013) PERSEPSI, PERILAKU, DAN TINGKAT KESUKAAN DALAM MENGKONSUMSI SUSU UHT DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG. Other thesis, Prodi Teknologi Pangan UNIKA Soegijapranata.
|
Text (COVER)
09.70.0030 Yudha Hari Prayogo COVER.pdf Download (141kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
09.70.0030 Yudha Hari Prayogo BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
Text (BAB II)
09.70.0030 Yudha Hari Prayogo BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
||
Text (BAB III)
09.70.0030 Yudha Hari Prayogo BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
||
Text (BAB IV)
09.70.0030 Yudha Hari Prayogo BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
||
Text (BAB V)
09.70.0030 Yudha Hari Prayogo BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.70.0030 Yudha Hari Prayogo DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Salah satu produk yang sering dikonsumsi adalah susu. Oleh karena susu mudah rusak, maka untuk memperpanjang umur simpan susu yaitu dengan teknologi UHT dan dikombinasikan dengan menggunakan kemasan aseptis yaitu Tetrapack. Salah satu industri pengolahan minuman susu cair di Indonesia adalah PT Ultra Jaya Milk Industry and Trading dengan merek susu cair Ultra Milk. Pasar susu UHT ini sebenarnya anak-anak. Namun keputusan pembelian lebih kepada orang dewasa karena lebih berpengetahuan dan berpengalaman. Konsumen yang memiliki pengalaman dan berpengetahuan sekaligus menjadi responden di dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Program Studi Teknologi Pangan Unika Soegijapranata Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan karakteristik responden yang mengkonsumsi susu UHT, mengetahui persepsi, perilaku, dan tingkat kesukaan dalam mengkonsumsi produk susu UHT, untuk mengetahui korelasi antar pernyataan dan korelasi antara ketiganya. Penelitian ini menggunakan kuisioner, kuisioner pertama dilakukan kepada 30 responden yang sama selama 3 hari. Setelah itu dilakukan uji reliable dan validity sehingga soal yang diberikan untuk kuisioner selanjutnya yang dibagikan kepada mahasiswa dari angkatan 2009 hinga 2012 sudah reliable dan valid. Hasil dari penelitian ini rata-rata responden memiliki umur antara 19-22 tahun serta mayoritas berjenis kelamin perempuan. Untuk nilai rata-rata persepsi dan perilaku yang tertinggi yaitu pada angkatan 2009. Nilai rata-rata kesukaan tertinggi dimiliki oleh angkatan 2010. Dari uji korelasi pada pernyataan persepsi antara “rasa” dan “kandungan” memiliki korelasi positif, untuk korelasi positif antar perilaku yaitu antara “konsumsi susu UHT sekali dalam sehari” dan “konsumsi susu UHT 1000 ml dihabiskan 3-4 hari karena sudah membaca petunjuk”. Korelasi positif antar kesukaan antara “rasa coklat”, “kondisi dingin”, “kemasan simple dan praktis” mempunyai korelasi. Korelasi positif antara persepsi dan perilaku yaitu tentang pembacaan petunjuk sebelum dikonsumsi, korelasi positif antara persepsi dan kesukaan yaitu rasa susu coklat yang lebih banyak disukai. Untuk korelasi antara perilaku dan kesukaan pada masing-masing angkatan ditemukan korelasi yang melibatkan pasangan variabel yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior |
Divisions: | Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology |
Depositing User: | Mrs. Rini Yastuti |
Date Deposited: | 03 Sep 2015 20:33 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:15 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1375 |
Actions (login required)
View Item |