Putri, Rizky Anugerah (2007) PENGUKURAN KINERJA BERDASARKAN BALANCED SCORECARD PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
03.60.0214 Rizki Anugerah Putri COVER.pdf Download (224kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03.60.0214 Rizki Anugerah Putri BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
Text (BAB II)
03.60.0214 Rizki Anugerah Putri BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
||
Text (BAB III)
03.60.0214 Rizki Anugerah Putri BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
||
Text (BAB IV)
03.60.0214 Rizki Anugerah Putri BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
||
Text (BAB V)
03.60.0214 Rizki Anugerah Putri BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
03.60.0214 Rizki Anugerah Putri LAMPIRAN.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang penting dalam sebuah perusahaan untuk menilai keberhasilan perusahaan serta sebagai dasar penyusunan imbalan dalam sebuah perusahaan, selain itu dapat meningkatkan pertanggungjawaban dan memperbaiki proses pengambilan keputusan. Paradigma untuk pengukuran kinerja perusahaan yang ada sekarang ini selalu mengacu kepada pengukuran keuangan dan manajemen puncak cenderung mengabaikan hal-hal yang berhubungan dengan pengukuran non keuangan. Konsep balanced scorecard yang dikembangkan oleh Robert S. Kaplan & David P. Norton dapat digunakan untuk melengkapi pengukuran, konsep ini memperkenalkan suatu sistem pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan kriteria-kriteria tertentu. Kriteria tersebut digolongkan menjadi 4 perspektif yang berbeda yaitu : perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Sekarang ini, harapan pemerintah dan masyarakat atas keberadaan PDAM semakin meningkat. PDAM menghadapi tuntutan dari pemerintah dan masyarakat akan kinerja yang lebih baik serta meningkatkan efektivitas dan produktivitas dalam memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini pengambilan sampel untuk karyawan PDAM adalah menggunakan metode sensus. Metode sampling yang digunakan untuk memilih sampel pada pengukuran kepuasan pelanggan adalah metode Stratified Random Sampling. Sedangkan metode analisis data adalah metode kualitatif dan kuantitatif yaitu menilai kinerja dengan pendekatan 4 perspektif : 1. Pengukuran kinerja PDAM Kab.Semarang dilihat dari perspektif financial menunjukkan adanya cerminan kinerja keuangan yang tidak sehat dan tidak sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Jadi perspektif financial pada Pdam Kab. semarang perlu menggunakan balanced scorecard. 2. Pengukuran kinerja PDAM Kab. semarang dilihat dari perspektif customer menunjukkan tingkat kepuasan yang rata-rata tidak puas terhadap pelayanan dan jumla pelanggan yang merasa puas kurang dari 80%. Selain itu, akuisisi pelanggan untuk memperoleh pelanggan baru kurang dari 25%. Jadi perspektif customer pada PDAM kab.semarang perlu menggunakan balanced scorecard. 3. Pengukuran kinerja PDAM Kab. semarang dilihat dari perspektif Internal Business Process menunjukkan lebih dari 1 hari. Jadi perspektif Internal Business Process pada PDAM kab.semarang perlu menggunakan balanced scorecard. 4. Pengukuran kinerja PDAM Kab. semarang dilihat dari perspektif Learning and Growth menunjukkan bahwa karyawan merasa ragu-raguterhadap kinerja perusahaan dan tidak ada peningkatan ketrampilan sumber daya manusia melalui training. Jadi perspektif Learning and Growth pada PDAM kab.semarang perlu menggunakan balanced scorecard.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Government Accounting |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Accounting |
Depositing User: | Mr Andika Margahadi |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 14:13 |
Last Modified: | 30 Mar 2017 14:13 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13711 |
Actions (login required)
View Item |