HAYUNINGTYAS, VERONICA MAUREEN (2007) PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN SERTA PERILAKU MANAJER SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
03.60.0055 Veronica Maureen Hayuningtyas COVER.pdf Download (213kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03.60.0055 Veronica Maureen Hayuningtyas BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
||
Text (BAB II)
03.60.0055 Veronica Maureen Hayuningtyas BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text (BAB III)
03.60.0055 Veronica Maureen Hayuningtyas BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
||
Text (BAB IV)
03.60.0055 Veronica Maureen Hayuningtyas BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
||
Text (BAB V)
03.60.0055 Veronica Maureen Hayuningtyas BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.60.0055 Veronica Maureen Hayuningtyas DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
03.60.0055 Veronica Maureen Hayuningtyas LAMPIRAN.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Total Quality Management (TQM) merupakan suatu teknik yang sering digunakan oleh perusahaan manufaktur untuk meningkatkan kinerjanya. Meskipun ada beberapa perusahaan yang telah menerapkan teknik tersebut, ternyata ada yang berhasil meningkatkan kinerjanya. Namun demekian, masih sedikit sekali penelitian yang menguji alasan / faktor-faktor penyebab keefektifan penerapan teknik Total Quality Management (TQM). Beberapa peneliti bidang akuntansi menyatakan bahwa kinerja perusahaan yang rendah, disebabkan oleh ketergantungannya terhadap sistem akuntansi manajemen perusahaan tersebut yang gagal dalam penentuan sasaran-sasaran yang tepat, pengukuran-pengukuran kinerja, sistem penghargaan/ reward system dan perilaku manajer. Penelitian ini memfokuskan pada Total Quality Management (TQM), dan komponen Sistem akuntansi yang meliputi : Sistem Pengukuran Kinerja dan kinerja karyawan yang didasarkan pada penghargaan dan perilaku. Penelitian ini menggunakan insentif individual. Penghargaan diberikan berupa insentif yang diberikan secara individual ataupun kelompok. Sedangkan kinerja yang diukur adalah kinerja manajerial pada tingkat menengah. Oleh karena itu responden yang digunakan adalah manajer-manajer dari tingkat menengah. Penelitian ini menggunakan data 12 perusahaan manufaktur berskala besar di Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajer dari tingkat menengah. Kuesioner yang dikirim / diminta oleh perusahaan yang diteliti sebanyak 80 kuesioner, tetapi yang kembali hanya 48 kuesioner (respon rate sebesar 60%), dari 48 kuesioner tersebut hanya 36 kuesioner yang diberikan responden dengan lengkap, sehingga yang digunakan dalam analisis data adalah 36 kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda untuk menguji interaksi antara Total Quality Management (TQM) dengan Sistem Pengukuran Kinerja, dan Total Quality Management (TQM)dengan Sistem Penghargaan, serta Total Quality Management (TQM) dengan Perilaku Manajer apakah mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Manajerial. Hasilnya ditemukan bukti bahwa terdapat hasil yang signifikan dalam interaksi antara Total Quality Management (TQM) dengan Sistem Pengukuran Kinerja. Dan interaksi antara Total Quality Management (TQM) dengan Sistem Penghargaan serta Total Quality Management (TQM) dengan Perilaku Manajer.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 330 Economics |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Accounting |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 13:42 |
Last Modified: | 30 Mar 2017 13:42 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13606 |
Actions (login required)
View Item |