SURYA, ITA OKTAVIANI (2014) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL BUKU EDUKATIF UNTUK MEMPERKENALKAN BATIK SEMARANG KEPADA ANAK USIA 6-12 TAHUN. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
10.30.0071 Ita Oktaviani Surya COVER.pdf Download (739kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10.30.0071 Ita Oktaviani Surya BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
||
Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0071 Ita Oktaviani Surya BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
||
Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0071 Ita Oktaviani Surya BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0071 Ita Oktaviani Surya BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) |
||
Text (BAB V Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0071 Ita Oktaviani Surya BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.30.0071 Ita Oktaviani Surya DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
10.30.0071 Ita Oktaviani Surya LAMPIRAN.pdf Download (669kB) | Preview |
Abstract
Popularitas Batik Semarang masih tertinggal dengan batik di kawasan lain di Jawa Tengah seperti batik Pekalongan dan batik Solo. Berbagai publikasi umum juga hanya bercerita mengenai keanekaragaman motif batik di Indonesia. Kurangnya kesadaran dan cinta untuk anak-anak di batik juga masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah memperkenalkan batik Semarang agar lebih dikenal karena popularitasnya yang masih kalah jika dibandingkan dengan batik kawasan lain di Jawa Tengah melalui perancangan media buku edukatif untuk anak–anak umur 6-12 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan pustaka, in depth interview, observasi, dan purposive sampling. Kesimpulan dari penelitian ini, meskipun batik Semarang kurang dikenal dan kurang populer, tetapi memiliki keunikan pada motif–motif batik Semarang yang menggunakan ikon–ikon yang dimiliki kota Semarang. Dan kurangnya informasi mengenai batik Semarang juga memungkinkan dan mempengaruhi kurang dikenalnya batik Semarang di kalangan masyarakat. Kata kunci: batik, batik Semarang, Semarang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mrs Ratnasasi Wijayanti |
Date Deposited: | 03 Sep 2015 20:33 |
Last Modified: | 03 Sep 2015 20:33 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1357 |
Actions (login required)
View Item |