DEWI, ALMANTI SETYA (2014) PERANCANGAN CITY BRANDING KOTA TEGAL UNTUK MENINGKATKAN WISATAWAN MELALUI BAHASA TEGAL. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
10.13.0065 Almanti Setya Dewi COVER.pdf Download (173kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10.13.0065 Almanti Setya Dewi BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
||
Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0065 Almanti Setya Dewi BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0065 Almanti Setya Dewi BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
|
Text
10.13.0065 Almanti Setya Dewi BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB V Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0065 Almanti Setya Dewi BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.13.0065 Almanti Setya Dewi DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
10.13.0065 Almanti Setya Dewi LAMPIRAN.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
Bahasa merupakan suatu elemen terpenting dalam berkomunikasi. Dan bahasa selalu digunakan disetiap komunikasi terjadi dan kehidupan kita tidak dapat lepas dari yang namanya bahasa. Setiap bahasa yang ada memiliki keunikan dan cara pengucapan (dialek) masing-masing. Di Indonesia banyak sekali bahasa yang dimiliki. Bahasa daerahnya sangat beragam. Salah satunya yaitu bahasa Tegal. Bahasa ini sudah sangat familiar di kuping masyarakat. Bahasa ini memiliki ciri khas dari pengucapannya yang otentik. Metodologi yang digunakan yaitu dengan cara tinjauan pustaka, interview dan kajian data kualitatif untuk mendapatkan data. Seluruh data yang diperoleh lalu dianalisa dan mendapatkan hasil yang digunakan sebagai perumusan masalah. Banyak masyarakat diluar kota Tegal menganggap bahasa ini merupakan bahasa yang lucu, dan masih banyak juga yang menganggap bahasa ini adalah bahasa kaum rendah. Oleh karena itu, dengan pembuatan city branding dari kota Tegal yang menggunakan bahasanya, diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat diluar akan bahasa ini. Sehingga masyarakat kota Tegal dapat dengan bebas berkomunikasi atau mengucapkan bahasa Tegal sesuka mereka. Hal ini dilakukan dengan cara pendekatan desain yang sesuai dengan target sasaran, sehingga dapat terlihat lebih menarik. Desain yang digunakan yaitu onomatopoeia (bunyi yang divisualkan). Desain ini digunakan agar mempermudah pendatang untuk mengucapkan bahasa Tegal. Karena ketika wisatawan datang ke kota Tegal, diharapkan mereka dapat berkomunikasi menggunkan bahasa Tegal. Kata kunci: Tegal, Bahasa, Desain, Onomatopoeia
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 760 Graphic arts |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mrs Ratnasasi Wijayanti |
Date Deposited: | 03 Sep 2015 20:34 |
Last Modified: | 03 Sep 2015 20:34 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1354 |
Actions (login required)
View Item |