Pengaruh Kecerdasan Emosional Mahasiswa Jurusan Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Universitas yang Telah Terakreditasi A di Semarang)

WIJAYANTI, RETNO ARI (2007) Pengaruh Kecerdasan Emosional Mahasiswa Jurusan Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Universitas yang Telah Terakreditasi A di Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
02.60.0176 Retno Ari Wijayanti COVER.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02.60.0176 Retno Ari Wijayanti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (BAB II)
02.60.0176 Retno Ari Wijayanti BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB III)
02.60.0176 Retno Ari Wijayanti BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (BAB IV)
02.60.0176 Retno Ari Wijayanti BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB V)
02.60.0176 Retno Ari Wijayanti BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
02.60.0176 Retno Ari Wijayanti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
02.60.0176 Retno Ari Wijayanti LAMPIRAN.pdf

Download (764kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional Mahasiswa jurusan Akuntansi berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman Akuntansi. Kecerdasan emosional di ukur dengan pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial. Sedangkan tingkat pemahaman akuntansi di ukur dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Metode yang digunakan adalah penyebaran kuesioner dengan 5 skala likert yang di adopsi oleh Trisnawati dan Suryaningsum (2003). Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan pengaruh kecerdasan emosional yang terdiri dari pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, dan keterampilan sosial dalam penelitian ini secara berurutan mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi adalah pengenalan diri (0,006), pengendalian diri (0,012), motivasi (0,007), dan keterampilan sosial (0,005), sedangkan pengaruh negatif terjadi pada empati (-0,002). Nilai adjusted R2 menunjukkan nilai sebesar 0,090. Hal ini mengindikasikan bahwa 9 % variasi tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa dapat dijelaskan dari variasi pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:30
Last Modified: 30 Mar 2017 08:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13538

Actions (login required)

View Item View Item