KURNIAWAN, STEVE (2014) BRANDING PASAR JOHAR SEBAGAI TEMPAT NYAMAN BELANJA DAN PASAR INDUK KOTA SEMARANG. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
10.13.0045 Steve Kurniawan COVER.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10.13.0045 Steve Kurniawan BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0045 Steve Kurniawan BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) |
||
Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0045 Steve Kurniawan BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0045 Steve Kurniawan BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text (BAB V Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0045 Steve Kurniawan BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.13.0045 Steve Kurniawan DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
10.13.0045 Steve Kurniawan LAMPIRAN.pdf Download (776kB) | Preview |
Abstract
Pasar Johar merupakan bangunan tradisional yang dibangun oleh Thomas Krasten pada tahun 1939. Selain itu Pasar johar juga mendapat sebutan lain yaitu sebagai Pasar Induk. Melihat begitu banyak kelengkapan kebutuhan yang ada pada Pasar Johar, hal ini yang membuat banyaknya para pedagang dan para pengunjung di Pasar Johar. Hal ini membuktikan bahwa Pasar Johar memiliki potensi yang sangat besar bagi masyarakat. Kenyamanan merupakan landasan utama demi memberikan kesan baik bagi pandangan masyarakat. Kenyamanan ini dilihat melalui 2 sudut pandang yaitu kerapian yang menciptakan tempat yang bersih dan tingkat kejelasan, tujuannya untuk memberikan arahan yang jelas kepada para pengunjung. Hal ini perlu diperhatikan karena sebagian pasar tradisional kurang terjaga sisi kenyamanan. Maka dari itu menggunakan metode-metode bertujuan untuk mencarikan titik permasalahan pokok yang sering masyarakat keluhkan baik dari pedagang maupun pembeli. Metode yang digunakan adalah melalui metode wawancara, observasi dan kuisoner. Segi kenyamanan ini dilihat dari dibuatnya sebuah pandangan tempat nyaman belanja dan pasar induk. Guna untuk menjelaskan kepada masyarakat bahwa adanya perubahan pada pasar tradisional. Perubahan yang terjadi tidak pada merubah pada bentuk bangunan asli tetapi melengkapi kekurangan yang ada dalam pasar. Maka dari itu sebuah logo dibuat sebagai identitas Pasar Johar, yang kedua sign system dibuat untuk memberikan petunjuk arah dan yang terakhir rak sebagai solusi agar setiap kios menjadi lebih rapi. Tujuan perancangan ini untuk memberikan kenyamanan pada para pembeli dan meningkatkan potensi pasar Johar sebagai Pasar Induk. Kata Kunci: Kenyamanan, Pasar Induk, Pasar Tradisional, tingkat kejelasan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 760 Graphic arts |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mrs Ratnasasi Wijayanti |
Date Deposited: | 01 Sep 2015 14:14 |
Last Modified: | 01 Sep 2015 14:14 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1341 |
Actions (login required)
View Item |