Widiati, Anna (2005) TINJAUAN TENTANG BUDAYA PERUSAHAAN DAN INTENSITAS PERAN AKUNTANSI MANAJEMEN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Berorientasi Pada Proses Dan Berorientasi Pada Hasil Di Kota Klaten). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
01.60.0210 Anna Widiati COVER.pdf Download (89kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
01.60.0210 Anna Widiati BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
||
Text (BAB II)
01.60.0210 Anna Widiati BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
Text (BAB III)
01.60.0210 Anna Widiati BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
||
Text (BAB IV)
01.60.0210 Anna Widiati BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text (BAB V)
01.60.0210 Anna Widiati BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0210 Anna Widiati DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
Orang cenderung menempatkan budaya bisnis secara tidak proporsional (Nugroho, 1998). Saat perusahaan mengalami kegagalan, orang dengan mudah melihat budaya bisnis sebagai penyebabnya. Sebaliknya, saat perusahaan berhasil, orang cenderung terpaku pada tolok ukur yang sifatnya teknis. Hal yang sering dilupakan orang adalah sukses operasional tidak secara otomatis dapat dicapai tanpa mendasarkan diri pada budaya yang hidup didalamnya. Pada awalnya akuntansi dibutuhkan karena factor budaya masyarakat industri sebagai alat pengendalian. Pada saat itu belum ada pemisahan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Pemisahan akuntansi manajemen tersebut lebih menggambarkan fungsi akuntansi sebagai alat pengendalian. Akuntansi dapat dipandang sebagai suatu sistem yang mengolah masukan berupa data operasi dan data keuangan untuk menghasilkan keluaran berupa informasi keuangan yang dibutuhkan oleh pemakai. Dalam konteks bisnis, akuntansi diterima sebagai budaya tanpa pemanfaatan optimal fungsinya sebagai penyedia informasi, padahal budaya dapat menjadi salah satu sumber keunggulan kompetitif perusahaan (Barney, 1986). Responden penelitian ini adalah manajer pemasaran, manajer produksi, manajer penelitian dan pengembangan serta general manajer yang bekerja pada perusahaan manufaktur di wilayah kota Klaten. Kepada responden tersebut dikirim kuesioner. Kuesioner dibagi dalam tiga bagian. Bagian pertama berisi pertanyaanpertanyaan umum tentang data responden perusahaan. Bagian kedua berisi pertanyaan tentang tentang variabel independen (budaya). Bagian ketiga berisi pertanyaan tentang variabel dependen (IPAM). Dari hasil pengujian validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua variabel mempunyai koefisien alpha yang lebih besar dari 0,6 sehingga dapat dikatakan semua konsep pengukur variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliable.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Accounting |
Depositing User: | Mr Andika Margahadi |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 07:46 |
Last Modified: | 30 Mar 2017 07:46 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13388 |
Actions (login required)
View Item |