Yunica, Vira (2006) PENGARUH CUSTOMIZATION DAN INTERDEPENDENSI TERHADAP KARAKTERISTIK INFORMASI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN (Studi Kasus Pada PT. Astra Graphia Tbk). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
01.60.0120 Vira Yunica COVER.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
01.60.0120 Vira Yunica BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
||
Text (BAB II)
01.60.0120 Vira Yunica BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
||
Text (BAB III)
01.60.0120 Vira Yunica BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
||
Text (BAB IV)
01.60.0120 Vira Yunica BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (BAB V)
01.60.0120 Vira Yunica BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0120 Vira Yunica DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
01.60.0120 Vira Yunica LAMPIRAN.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Merupakan suatu hal wajar apabila nantinya di dalam memasuki era persaingan bebas (globalisasi), masing-masing perusahaan di dunia, tidak terkecuali di Indonesia berlomba-lomba untuk memenangi persaingan dalam bisnis, tentunya dengan menerapkan berbagai strategi dan kebijakan perusahaan yang terus diefektifkan. Hasilnya, perusahaan yang unggul adalah perusahaan yang dapat meraih keuntungan besar melalui keputusan customer. Penelitian akan melihat pengaruh yang terjadi ketika suatu perusahaan menerapkan customization, terhadap interdependensi (ketergantungan) antara karyawan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, serta kebutuhan akan adanya informasi yang memiliki cakupan luas (broad scope), kemampuan merespon peristiwa-peristiwa secara cepat (timelines), memperhatikan penerapan bentuk kebijakan formal (aggregation), dan memberikan informasi seperti pengaruh keputusan seluruh sub-sub unit perusahaan (integration). Penelitian ini juga melihat apakah hubungan yang terjadi antara customization dan karakteristik informasi SAM terjadi secara langsung atau tidak langsung (melalui media interdependensi). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu seluruh manajer cabang, kepala seksi, dan kepala seksi teknisi yang ada di PT. Astra Graphia Tbk. Metode yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah analisis regresi sederhana untuk menguji pengaruh Customization dan Interdependensi terhadap Karakteristik Informasi SAM. Hasil dari pengujian menunjukkan nilai t untuk peengujian variabel customization diperoleh sebesar 4,983 dengan signifikansi sebesar 0,000. dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05 maka nilai t tersebut lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti bahwa customization memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap karakteristik SAM. Dengan demikian Hipotesis 1 diterima. Sedangkan, hasil pengujian variabel Customization terhadap interdependensi diperoleh nilai t sebesar 6,080 dengan signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa Customization berpengaruh signifikan terhadap interdependensi kemudian pengujian variabel interdependensiterhadap SAM diperoleh nilai t sebesar 3,417 dengan signifikansi sebesar 0,001. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa interdependensi berpengaruh signifikan terhadap SAM. Dengan demikian Hipotesis 2 penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Accounting |
Depositing User: | Mr Andika Margahadi |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 07:21 |
Last Modified: | 30 Mar 2017 07:21 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13301 |
Actions (login required)
View Item |