KARTIKO, PAULUS ARIES (2002) EVALUASI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI KEGIATAN PENJUALAN DENGAN AUDIT MANAJEMEN PADA PT.LIMA SEMPURNA MAKMUR SEMARANG. Other thesis, Fakultas Ekonomi Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
95.60.0232 Paulus Aries Kartiko COVER.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
95.60.0232 Paulus Aries Kartiko BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
Text (BAB II)
95.60.0232 Paulus Aries Kartiko BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
||
Text (BAB III)
95.60.0232 Paulus Aries Kartiko BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
||
Text (BAB IV)
95.60.0232 Paulus Aries Kartiko BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
||
Text (BAB V)
95.60.0232 Paulus Aries Kartiko BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
95.60.0232 Paulus Aries Kartiko DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
95.60.0232 Paulus Aries Kartiko LAMPIRAN.pdf Download (762kB) | Preview |
Abstract
Perolsahaan dalam rangka mencapai tujuannya memerlukan adanya pemeriksaan yang intensif Pemeriksaaan terhadap kegiatan manajemen memerlukan bagian khusus yang membantu pimpinan perusahaan untuk mengendalikan, mengawasi dan mengelola sumber daya yang dimiliki. Fungsi pemeriksaan adalah suatu fungsi penilaian yang bebas dalam suatu organisasi, guna menelaah atau mempelajari dan menilai kegiatan - kegiatan perusahaan untuk memberikan saran - saran kepada manajemen. Auditing ini· meningkatk efisiensi, mencegah timbulnya kerugian atas aktiva, rr:empertinggi tingkat kean · ala data dalam laporan keua.'1gan, dan mendorong dipatuhinya hukum an aturanryang eta ditetapkan. Alat yang digunakan oleh auditor untuk menca:pal efektivitas dan efisiensl nti-unit organisasi secara teratur dan sistematis lila melalui manajemen a dit (,}Q11agement audit) cengan memanfaatkan inform j yang dihasilkan. Salah satu kegiatan ng perusaliaan yang penting . ntuk dil n audit manajemen adalah kegiat . ~njuala yang di~a~n oleh bagll\p pemasa n suatu p~rusahaan, mengi~ga . . ~sahaa . akan memp'e1-~leh. cas~ jlof.. ~ pen Ullan, dlmana laba yang dlhasilkan dapat gunakan memolayal keglatan o~rasl peg:tsahaan selanjutnya. Pada PT Li Semp rna Makrnur, ebtJab perusahaan angoe rak di bidang distributor produ . akan n kemasan merek . estle dan sudah be perasi selama 8 tahun, pada d a ahun t&akhir ini menga!jimi penurunan 11 njualan:; ecara berturut-turut adalah -1,8 % (tah n ~OOO) (Ian - 1,02% (taliun 200 , sehingg perlu dilakukan audit manajemep untlik aapa diketahui efektivitas Cia efisiep.s· egiatan penjualannya agar dapat dihikukan tindakan peJbai n-<1engan s~era. Permasalahan dala penelitian· i d'anat djntm skan sebagai rikut: 1) Bagaimana efektivitas kegiatan e\liualan yang dilaksanakan oleh PT It· a Sempurna MakmlJr Semarang pada tahun 2 I? 2) Bagaimana per. embangan e eslensi kegiatan penjualan yang dilaksanl!k:an oleh Bim empurna Ma~ur emaAng pada tahun 1999-2001? 3) Bagaimana pelaksanMn Sme :2.engendaha a~en Penjualan PT Lima Sempurna Makmur? Agar permasa afian yang diteliti tidak terlalu melebar, maka permasalahan dibatasi pada kegiatan yang berkaitan dengan penjualan, yang dianalisis dengan audit manajemen untuk dapat diketahui seberapa jauh efektivitas dan efisiensi telah dicapai perusahaan dan bagaimana pelaksanaan sistem pengendalian yang telah diterapkan dala.m menunjang kegiatan penjualan dan pemasaran. D<!ta yang digunakan oerup8 data kuantilatif dan data kualitatif yaJig mE:nurut sumbernya dibcdakan menjadi dua, yaitu data primer dan data se1.-under, dikumpulkan dengan tehnik atau metode wawancara dan dokumentasi. Data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif, yaitli: 1) Analisis kuantitatif, metode anal isis yang digumikan adalah metode anal isis selisih laba bruto, yaitu selisih laba bruto per satuan dan selisih volume penjualan (selisih iv i '. komposisi penjualan dan selisih volume penjualan final). 2) Analisis kualitatif, yaitu analisis mengenai sistem pengendalian manajemen pada kegiatan penjualan dan pelaporan hasil management audit. Setelah diadakan penelitian mengenai pelaksanaan kegiatan penjualan PT Lima Sempurna Makmur Semarang selama tahun 2001 dapat disimpulkan bahwa : 1. Kegiatan penjualan pada tahun 2001 sudah efektif namun belum efisien. Tingkat efektivitas penjualan dapat dilihat dan tercapainya target penjualan secara keseluruhan atau tingkat efektivitas penjualan di atas 85%. 2. Secara keseluruhan sistem pengendalian manajemen yang dilaksanakan sudah cukup memadai. Dengan melihat keadaan yang ada pada erusahaan maka pada bagian ini disampaikan beberapa saran sebagai berikut: "" P 1. Dalam penyusunan peramalan . enJualan~an anggaF8 e daknya diperinci menu rut daerah pemasaran enurut jen.!s produk, hal im 8 -a memudahkan penentuan daerah pemas an yang bisa ~g 'lkan laba bersi yang cukup tinggi dan produk-produR yang. menghasilkan laba yan~ tinggi. · I ini ~an membantu menent:lka strategt pemasaran dan memu(J" hkall pen alokaSlan sumber daya yan imiliki perusahaan dl1ilam mencap i tujua n a. Iika memungkinkan d evaluas' basil penjuala J ga (Iikembang an..deng ihak eksternal seperti p potensial dan i ndu~n ... sejenis sehing a.me u ahkan penentuan strategi pe aran ang ak n dil8kukan sesuai dengan ersaing n yang ~a I \ 2. Agar pe~aksanaa~ p endaliJi i,nt~ ~apat oefJffin depgan bai , maka: I. a. sebalknya dladakan doku~entalol berkenaan dengan J!lrosedur, p nielasan, hagan alur, instru 5i, pertan aan atau bentuk lain sehingga dapa 6ljadikan bahan patokan at tandar keJja ("'tir!!!!afii~'ratio:;) bagi kaIJa an yang bersangkutan. Term k didalamnya adala:h"pi!"r~ta:an tertulis tentang tujuan, sasaran kebijaksanaan,"tode, sistem an prO'Seifur atas pema( an. b. Agar lebih meningkatk" sistem pengendalian ".J¥ar,aje en PT Lima Sempurna Makmur Semararrg,xperosahaan erlu m",mben:tu bagian tertentu yang bertanggung jawab untuk mef 5 em pengendalian, Dimana struktur dan prosedurnya kerja bersifat . formal, sehingga bagian tersebut memiliki wibawa untuk mengauidit dan mereview sistem pengendalian yang ada. c. Untuk meningkatkan partisipasi karyawan dalam pelaksanaan sistem pengendalian, maka dalam penyusunan rencana-rencana pemasaran, bawahan perlu ikut dilibatkan, paling tidak dalam jajak Mau pengllmpulan pendapat (brainstroming), sehingga penyusunan rencana tidak menylmpang dan kondisi yang ada di lapangan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Auditing |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Accounting |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 06:47 |
Last Modified: | 30 Mar 2017 06:47 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13134 |
Actions (login required)
View Item |