EVALUASI KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN UMUM DI KOTA SEMARANG (STUDI KASUS: MPU C1 RUTE JOHAR-GENUK)

Yugistha, Dhio Orllando (2016) EVALUASI KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN UMUM DI KOTA SEMARANG (STUDI KASUS: MPU C1 RUTE JOHAR-GENUK). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
12.12.0006 Dhio Orllando Yugistha COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
12.12.0006 Dhio Orllando Yugistha BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
12.12.0006 Dhio Orllando Yugistha BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12.12.0006 Dhio Orllando Yugistha BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12.12.0006 Dhio Orllando Yugistha BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
12.12.0006 Dhio Orllando Yugistha BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12.12.0006 Dhio Orllando Yugistha BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img]
Preview
Text
12.12.0006 Dhio Orllando Yugistha DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

Indonesia termasuk negara dengan jumlah penduduk yang besar di dunia. Hal tersebut berdampak langsung terhadap perkembangan sistem transportasi di kota-kota besar di Indonesia, seperti Kota Semarang. Jika sistem transportasi bermasalah akan mempengaruhi aktifitas masyarakat sehari-hari, pada hal ini mayoritas aktifitas masyarakat Kota Semarang berada di daratan. Masalah transportasi darat yang sering dialami di perkotaan adalah kemacetan. Upaya untuk mengatasi kemacetan, salah satunya ketersediaan angkutan umum. Mobil Penumpang Umum adalah salah satu alat angkutan umum yang melayani di Kota Semarang. Saat ini kondisi MPU seringkali banyak yang ngetem dan kosong sehingga perlu dilakukan evaluasi kinerja operasional pelayanan MPU C1 dengan cara membandingkan kinerja operasional pelayanan yang meliputi: lama berhenti di halte, load factor, kecepatan perjalanan, waktu tempuh, headway, frekuensi dengan Surat Keputusan Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor 687/AJ.206/DRJD/2002 dan a World Bank Study. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja pelayanan angkutan umum MPU C1 Johar-Genuk belum memenuhi standar pelayanan menurut Surat Keputusan Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor 687/AJ.206/DRJD/2002 dan A World Bank Study, yaitu: lama berhenti di halte 1,5 menit lebih kecil dari persyaratan yaitu 5-10 menit, load factor 24,61% lebih kecil dari persyaratan yaitu 70%, kecepatan perjalanan 14-15 km/jam lebih besar dari persyaratan yaitu 10-12 km/jam (daerah padat), waktu tempuh 0,54 jam lebih kecil dari persyaratan yaitu 1-1,5 jam, headway 0,840 menit lebih kecil dari persyaratan yaitu 2-5 menit (headway puncak), frekuensi 127-135 kendaraan/jam lebih besar dari persyaratan yaitu 75 kendaraan/jam. Selain itu, berdasarkan hasil perhitungan ternyata MPU C1 Rute Johar-Genuk mengalami kelebihan ketersediaan (over supply) sebesar 16 armada. Kata Kunci: Kinerja pelayanan angkutan umum; Headway Angkutan Umum; Frekuensi Angkutan Umum; Load factor Angkutan Umum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering
600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering > Transportation Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:11
Last Modified: 22 May 2023 07:01
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13043

Actions (login required)

View Item View Item