PENGEMBANGAN GAME ANAK UNTUK PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK

AGUSTA, FERONIKA DEVI (2016) PENGEMBANGAN GAME ANAK UNTUK PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
13.07.0060 Feronika Devi Agusta COVER.pdf

Download (958kB) | Preview
[img] Text
13.07.0060 Feronika Devi Agusta BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
13.07.0060 Feronika Devi Agusta BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
13.07.0060 Feronika Devi Agusta BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
13.07.0060 Feronika Devi Agusta BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
13.07.0060 Feronika Devi Agusta BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
13.07.0060 Feronika Devi Agusta DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.07.0060 Feronika Devi Agusta LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini sebuah prestasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan di masyarakat, seseorang akan diakui kedudukannya jika mempunyai prestasi tertentu. Apalagi di jaman dengan kemajuan teknologi seperti ini, prestasi merupakan sebuah tuntutan. Untuk itu agar seseorang dapat berprestasi, memerlukan suatu penunjang yaitu salah satunya dengan mempunyai motivasi berprestasi tinggi. Motivasi tersebut dapat ditumbuh kembangkan melalui berbagai media yakni salah satunya game. Dengan game “Smart Kids” diharapkan dapat membantu perkembangan kognitif dan psikomotorik anak. Orang tua juga diharapkan terbantu dengan game ”Smart Kids” untuk mempermudah penyampaian edukasi terhadap anak. Sebelum membuat game “Smart Kids” ini , melakukan survey terlebih dahulu kepada 30 anak sebagai subjeknya. Adapun subjek tersebut adalah anak berusia antara 4-7 tahun yang kurang memahami edukasi dari orangtuanya dalam hal kognitif dan psikomotorik sehingga agak terhambat perkembangannya dalam hal tersebut. Dengan game “Smart Kids” anak lebih memahami apa yang diajarkan oleh orang tua. Karena game “Smart Kids” ini tidak diperuntukan kepada anak saja namun juga untuk orang tua, sebagai alat bantu menyampaikan edukasi kepada anak. Laporan ini berisi hasil penelitian penggunaan game untuk mendukung berkembangnya kemampuan kognitif dan psikomotorik anak dan orang tua yang dipermudahkan menyampaikan edukasi. Sehingga setelah memainkan game “Smart Kids” dengan didampingi oleh orang tua, anak lebih paham mengenai aspek kognitif yang telah disampaikan di dalam game tersebut. Kata Kunci: permainan, kognitif, motivasi berprestasi, psikomotorik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Motoric Function
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:08
Last Modified: 24 Feb 2022 08:05
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13032

Actions (login required)

View Item View Item