HENDRAWAN, DION (2014) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL FESTIVAL DANDANGAN KUDUS. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
10.30.0017 Dion Hendrawan COVER.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10.30.0017 Dion Hendrawan BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
||
Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0017 Dion Hendrawan BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0017 Dion Hendrawan BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0017 Dion Hendrawan BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text (BAB V Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0017 Dion Hendrawan BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.30.0017 Dion Hendrawan DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) | Preview |
Abstract
Dalam pekembanganya acara seperti pasar malam pada sejumlah kota untuk memperingati awal bulan Ramadhan dapat memberikan dampak dan pengaruh besar dan memiliki peranan yang cukup penting di setiap Kota yang memiliki acara pasar malam tersebut. Salah satunya adalah Kota Kudus, di Kota Kudus acara untuk memperingati awal bulan Ramadhan adalah tradisi dandangan yang sudah ada turun temurun yang dimulai berkumpulnya para santri di menara Masjid Kudus dan memukul bedug untuk menandakan awal bulan Ramadhan yang sampai sekarang tradisi ini menjadi pasar malam Dandangan. Pasar malam Dandangan seiring waktu disebut sebagai Festival kecil taunan Kota Kudus yang menjadikan tempat hiburan keramaian bagi warga Kudus dan sebagainya, utuk berkumpulnya para pedagang yang menjajakan berbagai macam aneka pecah belah, makanan dan mainan anak kecil yang sangat ramai dikunjungi para warga. Hal ini dapat menjadikan daya tarik bagi para wisatawan local maupun asing yang. Banyak hal yang seharusnya diperhatikan didalam perayaan Festival Dandangan. Seperti visualisasi dan rancangan-rancangan tata letak stand-stand para pedagang, visualisasi wayfinding untuk mempermudah mencari area-area yang dituju, sign system sebagai penanda tempat, serta tempat yang memadahi dan acara yang awalnmya diadakan dijalan raya yang dapat menganggu pengendara kendaraan bermotor diletakan di tempat pusat keramaian kota dan konsentrasi diletakan dipusat keramaian kota sehingga jalan-jalan yang digunakan untuk pasar malam dapat difungsikan sebagi lahan parkir. Oleh karena itu diperlukan perancangan visual untuk memberikan tampilan dan kesan berbeda pada Festival Dandangan untuk merubah khalayak sasaran dan menarik perhatian para pengunjung baik dalam maupun pengunjung dari luar Kota kudus bahkan para turis asing. Kata Kunci : Perancangan, Festival, Visualisasi, Pasar Malam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mrs Ratnasasi Wijayanti |
Date Deposited: | 01 Sep 2015 14:17 |
Last Modified: | 01 Sep 2015 14:17 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1273 |
Actions (login required)
View Item |