KARYOKO, CHRISTINA OLIVIA (2014) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK PEMBELAJARAN PADA ANAK LAPAS MELALUI FILM FIKSI. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
09.13.0094 Christina Olivia Karyoko COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
09.13.0094 Christina Olivia Karyoko BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
Text (BAB II ERIKO JULIAN EKA PUTRA)
09.13.0094 Christina Olivia Karyoko BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
||
Text (BAB III ERIKO JULIAN EKA PUTRA)
09.13.0094 Christina Olivia Karyoko BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
||
Text (BAB IV ERIKO JULIAN EKA PUTRA)
09.13.0094 Christina Olivia Karyoko BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text (BAB V ERIKO JULIAN EKA PUTRA)
09.13.0094 Christina Olivia Karyoko BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.13.0094 Christina Olivia Karyoko DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
09.13.0094 Christina Olivia Karyoko LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Anak remaja dibedakan menjadi dua, yaitu mereka yang normal dan menjalani kehidupan dengan bersekolah, kemudian bekerja atau melanjutkan ke perguruan lebih tinggi, dan anak yang tidak normal, biasanya mereka melakukan tindakan melanggar peraturan yang menyebabkan mereka dihukum oleh masyarakat ataupun mendapat hukuman dari negara dan menjadi warga binaan dalam lembaga pemasyarakatan atau penjara anak. Minimnya kuantitas dan kualitas staff pengajar didalam LAPAS Anak menjadikan anak yang akan habis masa tahanannya menjadi kurang dibimbing dan dampaknya setelah bebas mereka cenderung berbuat kriminalitas kembali atau menjadi minder dan putus sekolah, di usia belia Dengan menggunakan metode penelitian secara kuantitatif yaitu mewawancarai langsung narapidana anak di lapas Kedungpane Semarang, mewawancarai mantan narapidana anak Kutoarjo, dan staff bagian Psikologi di LAPAS Kedungpane, diperoleh suatu kesimpulan bahwa terapi sebelum anak dinyatakan bebas dari LAPAS sangatlah penting namun karena masalah tersebut diatas, terapi yang dibutuhkan anak belum dapat dibentuk, padahal dampak tidak adanya program terapi ini sangat mencemaskan seperti yang tadi tersebut diatas, Untuk menyiasati hal tersebut dibentuklah program bimbingan untuk mengarahkan mereka ke arah positif setelah mereka keluar dari LAPAS Anak, yang diberi nama Aku Tamping. Program ini beracu pada sistem brain wash yaitu menekankan suatu doktrin pada pikiran manusia, dengan memanipulasi lingkungan, baik secara audio maupn visual, dengan terus menerus, sehingga target akan berfikir dan bertingkah laku sesuai apa yang dia lihat dan dengar terus menerus dalam satu lingkungan tersebut. Program Aku Tamping ini mempunyai program unggulan yaitu film fiksi yang berjudul Tamping dengan tujuan awal, yatu mengarahkan anak ke arah positif setelah mereka bebas. Tentu saja disertai dengan program penunjang berupa karantina napi yang akan bebas, pembagian pin sebagai identitas, penempatan poster diatas tempat tidur, penempatan banner, pemutaran media Audio ajakan berbuat baik, sharing setelah menonton film, pembagian buku follow up, aksi nyata dari buku follow up, dilakukan selama 3 bulan dan di hari mereka bebas dibagikan jam tangan sebagai pengingat perbuatan positif semasa di LAPAS Anak. Selama 3 bulan tersebut kegiatan minggu pertama adalah pengarahan secara tidak langsung sehingga target melihat media penunjang berupa banner, poster, media audio lalu menonton film kemudian sharing dan penulisan buku ollow up, minggu ke 2 akan dilalukan aksi nyata selama 1 minggu penuh. Berulang ulang acara 2 minggu yang sama hingga 3 bulan, dengan film berbeda setiap penayangan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mrs Ratnasasi Wijayanti |
Date Deposited: | 01 Sep 2015 14:18 |
Last Modified: | 01 Sep 2015 14:18 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1238 |
Actions (login required)
View Item |