Vonny, - (2007) PREFERENSI,TINGKAT KONSUMSI DAN KERAGAMAN PERSEPSI SENSORIS PRODUK COKLAT BATANG DI KALANGAN SISWA-SISWI SMU SEDES SAPIENTIAE SEMARANG. Other thesis, Prodi Teknologi Pangan Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
04.70.0087 Vonny COVER.pdf Download (202kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
04.70.0087 Vonny BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
Text (BAB II)
04.70.0087 Vonny BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
||
Text (BAB III)
04.70.0087 Vonny BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text (BAB IV)
04.70.0087 Vonny BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
Text (BAB V)
04.70.0087 Vonny BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04.70.0087 Vonny DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
04.70.0087 Vonny LAMPIRAN.pdf Download (328kB) | Preview |
Abstract
Preferensi konsumen terhadap makanan merupakan ukuran kesukaan konsumen terhadap makanan yang dikonsumsinya. Tingkat konsumsi produk atau penggunaan produk diukur dengan pengukuran frekuensi atau jumlah/tingkat mengkonsumsi. Persepsi merupakan proses dimana seseorang memilih, mengorganisasikan, mengartikan masukan informasi untuk menciptakan suatu gambaran yang berarti dari suatu objek. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat konsumsi dan preferensi terhadap coklat batang yang ada di pasaran , (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi terhadap produk coklat batang hubungannya dengan uji fisik dan sensoris (3) memberikan rekomendasi bagi industri pangan berkaitan dengan karakterisrik produk. Sampel bahan yang digunakan adalah beberapa merk coklat batang yang merupakan kesukaan dan pilihan para responden (Vanhouten, Cadbury, Silverqueen, Delfi dan Toblerone). Coklat berasal dari kata xocoatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit. Dalam perkembangannya, coklat tidak hanya menjadi minuman tetapi juga menjadi snack yang disukai anak-anak, remaja maupun dewasa. Alat-alat yang digunakan dalam uji ini adalah texture analyzer sedangkan responden yang diteliti adalah remaja SMU SEDES SAPIENTIAE. Data penilaian responden dikumpulkan berdasarkan penyebaran kuisioner, kemudian data preferensi dan konsumsi akan dianalisa menggunakan Microsoft Excel 2003 sedangkan data keragaman sensori akan dianalisa menggunakan Cluster analysis program Statistica 6.0 yang akan menghasilkan Dendogram dan Amalgamasi. Penerimaan sensori konsumen di kalangan remaja SMU, ini menunjukkan adanya variabel-variabel yang perlu lebih diperhatikan dalam mengembangkan produk coklat batang diantaranya variabel tekstur dan rasa. Penerimaan responden terhadap karakteristik sensori produk ini akan mempengaruhi tingkat konsumsi dan pemilihan serta persepsi terhadap coklat batang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology |
Divisions: | Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology |
Depositing User: | Mr Andika Margahadi |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 03:14 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 03:14 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/12377 |
Actions (login required)
View Item |