Devina, Tjoa Nita (2016) KAMPANYE SOSIAL UNTUK MEMPERKENALKAN KEMBALI PERMAINAN TRADISIONAL KEPADA ANAK-ANAK DARI TEMBANG DOLANAN. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
12.13.0053 Tjoa, Nita Devina COVER.pdf Download (279kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
12.13.0053 Tjoa, Nita Devina BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
||
Text (BAB II)
12.13.0053 Tjoa, Nita Devina BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
12.13.0053 Tjoa, Nita Devina BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
||
Text (BAB IV)
12.13.0053 Tjoa, Nita Devina BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text (BAB V)
12.13.0053 Tjoa, Nita Devina BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.13.0053 Tjoa, Nita Devina DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Tembang Dolanan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari budaya Indonesia. Keberadaan Tembang Dolanan telah ada sejak jaman dahulu dan diwariskan dari generasi ke generasi. Makna yang terkandung dalam Tembang Dolanan diantaranya adalah kerja sama, kepemimpinan bahkan ada yang memiliki nilai keagamaan. Tentunya nilai-nilai tersebut sangat baik untuk diajarkan kepada anak-anak untuk membantuk pembentukan dan perkembangan moral mereka. Perkembangan teknologi yang saat ini semakin maju dan media massa yang minim menyiarkan Tembang Dolanan menyebabkan anak kurang mengenal dengan baik Tembang Dolanan, termasuk permainan yang ada di dalamnya. Selain itu, jadwal anak dan kurikulum yang padat juga mempengaruhi proses pengajaran permainan dari Tembang Dolanan, yang menyebabkan pembelajaran Tembang Dolanan dan permainannya tidak bisa maksimal. Pengadaan Kampanye Sosial Nembang Karo Dolanan diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengenalkan kembali permainan tradisional yang terdapat di dalam Tembang Dolanan. Dengan program kampanye yaitu Program Satu Hari Dolanan di sekolah-sekolah serta menggunakan media sosial dan animasi sebagai penarik perhatian, tujuan dari kampanye dapat tercapai yaitu sebagai media bagi anak agar dapat mengenal kembali permainan tradisional dari Tembang Dolanan berikut makna yang terkandung di dalamnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 370 Education 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mr Ign. Setya Dwiana |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 01:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 02:49 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11744 |
Actions (login required)
View Item |