PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL AKAN PENTINGNYA RUKUN TETANGGA BAGI KALANGAN SES A

Widodo, Rendy (2016) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL AKAN PENTINGNYA RUKUN TETANGGA BAGI KALANGAN SES A. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.13.0034 Rendy Widodo COVER.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
12.13.0034 Rendy Widodo BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB II)
12.13.0034 Rendy Widodo BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text (BAB III)
12.13.0034 Rendy Widodo BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[img] Text (BAB IV)
12.13.0034 Rendy Widodo BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
12.13.0034 Rendy Widodo BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.13.0034 Rendy Widodo DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
12.13.0034 Rendy Widodo LAMPIRAN.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Kriminalitas dan terorisme di Indonesia terus menigkat dan meresahkan warga khususnya yang tinggal di kompleks perumahan dengan tingkat kriminalitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di perkotaan. Di jaman modern ini, interaksi sosial dalam rukun tetangga semakin menurun, padahal dengan mengenal dan menjalin hubungan yang harmonis dalam rukun tetangga merupakan langkah awal mencegah tindak kriminalitas dan terorisme. Oleh karena permasalahan tersebut, dibuatlah sebuah perancangan kampanye sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjalin hubungan yang harmonis dalam rukun tetangga sebagai orang terdekat untuk langkah awal pencegahan tindak kriminalitas dan terorisme. Target yang disasar oleh kampanye ini adalah orang tua SES A pria usia 28-35 tahun, dengan memanfaatkan berbagai metode penelitian seperti wawancara, cultural probes, observasi, studi literatur serta kajian pustaka. Berdasarkan metode penelitian tersebut, orang tua SES A ternyata sangat sibuk dan kesibukan tersebut menghalangi mereka untuk melakukan interaksi dalam rukun tetangga. Dengan demikian kampanye sosial dirasa efektif untuk meningkatkan kesadaran dan merubah perilaku orang tua SES A yang dirancangan lewat berbagai macam media dan pendekatan desain yang sesuai dengan minat serta perilaku khalayak sasaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > Social Problems
300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > Social Problems > Social Interaction
700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 04 Oct 2016 01:20
Last Modified: 19 May 2023 06:20
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11740

Actions (login required)

View Item View Item