Prawitasari, Anggita Raras Arum (2016) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL “PERLUNYA KEMAMPUAN DASAR UNTUK MENJADI SUKARELAWAN BENCANA PMI” STUDI KASUS: KOTA SEMARANG. Other thesis, Fakultas Arsitektur dan Desain Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
09.13.0060 Anggita Raras Arum Prawitasari COVER.pdf Download (517kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
09.13.0060 Anggita Raras Arum Prawitasari BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
||
Text (BAB II)
09.13.0060 Anggita Raras Arum Prawitasari BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) |
||
Text (BAB III)
09.13.0060 Anggita Raras Arum Prawitasari BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text (BAB IV)
09.13.0060 Anggita Raras Arum Prawitasari BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) |
||
Text (BAB V)
09.13.0060 Anggita Raras Arum Prawitasari BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.13.0060 Anggita Raras Arum Prawitasari DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
09.13.0060 Anggita Raras Arum Prawitasari LAMPIRAN.pdf Download (377kB) | Preview |
Abstract
Seorang sukarelawan, terlebih sukarelawan bencana merupakan salah satu pengabdian dengan resiko yang berat, tidak hanya resiko untuk diri kita sendiri namun juga untuk orang yang akan ditolong juga. Karena jika ada kesalahan walau hanya sedikit saja dalam bertindak saat menolong orang lain, nyawa dapat menjadi taruhannya. Oleh karena itu untuk menjadi seorang sukarelawan bencana diwajibkan oleh berbagai badan khususnya Palang Merah Indonesia untuk mengenal kemampuan dasar terlebih dahulu sebelum dapat turut serta membantu korban bencana. Sayangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menguasai kemampuan dasar sebelum menolong orang lain masih kurang. Sebagian besar bahkan memiliki pola pikir bahwa dalam menolong orang lain cukup dibutuhkan niat saja. Dengan target sasaran masyarakat muda, dimaksudkan supaya keaktifan masyarakat muda dapat tersalurkan bagi masyarakat dan mampu merubah pola pikir untuk dapat mengutamakan tindakan bijaksana dibandingkan tindakan cepat saja. Karena pada faktanya pada masa-masa itu tidak sedikit yang hanya bertindak cepat tanpa berpikir lebih panjang terlebih dahulu, dan lebih buruknya lagi ada yang hanya bertujuan untuk tampil saja. Judul kampanye sosial “Pijak” dimana merupakan singkatan dari “Sigap dengan Bijak” diharapkan mampu mengajak target sasaran bertindak seperti judul kampanye ini, dimana tidak hanya bertujuan dalam menolong orang lain saja, namun juga berguna untuk diri sendiri. Metodologi yang digunakan pada proyek akhir ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Pertama-tama penulis mengumpulkan data, fakta serta pengamatan terhadap masyarakat. Kemudian menyebaran kuesioner kapada target sasaran, yaitu masyarakat muda kota Semarang, dengan menggunakan sampling dikarenakan waktunya yang terbatas dan jumlah target sasaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 050 News media, journalism, publishing |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mr Ign. Setya Dwiana |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 00:39 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 06:42 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11598 |
Actions (login required)
View Item |