Anjarsari, - (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENGURANGI KECEMASAN DAN MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA KELAS VI SD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Masters thesis, Prodi Psikologi Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
13.92.0002 Anjarsari COVER.pdf Download (143kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
13.92.0002 Anjarsari BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
||
Text (BAB II)
13.92.0002 Anjarsari BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
||
Text (BAB III)
13.92.0002 Anjarsari BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
||
Text (BAB IV)
13.92.0002 Anjarsari BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
||
Text (BAB V)
13.92.0002 Anjarsari BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
||
Text (BAB VI)
13.92.0002 Anjarsari BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.92.0002 Anjarsari DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (67kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together efektif dalam mengurangi kecemasan Matematika dan meningkatkan self efficacy Matematika pada siswa SD Kelas VI. Hipotesis penelitian ini adalah ada perbedaan kecemasan terhadap matematika antara siswa yang mendapat pembelajaran NHT dan siswa yang tidak mendapat pembelajaran NHT, ada perbedaan self efficacy antara siswa yang mendapat pembelajaran NHT dan siswa yang tidak mendapat pembelajaran NHT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimental. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VI SD Mardi Rahayu 01 dan 02 berjumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecemasan matematika dan skala self efficacy matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kecemasan matematika yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif NHT dan yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT. Hasil uji skala kecemasan dengan uji - t diperoleh –t sebesar -6,943 taraf signifikasi p < 0,001. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kecemasan matematika. Hasil perhitungan uji perbedaan self efficacy menunjukkan bahwa nilai t sebesar -5,417 dan taraf signifikansi p < 0,001. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan self efficacy Matematika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif NHT efektif dalam mengurangi kecemasan Matematika dan meningkatkan self efficacy Matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives > Self Efficacy |
Divisions: | Graduate Program in Psychology > Master of Science in Psychology |
Depositing User: | Mr Ign. Setya Dwiana |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 07:15 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 06:36 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11518 |
Actions (login required)
View Item |