WIBOWO, YESSLYN INDAH (2008) Analisis Strategi Alternatif PT Semarang Makmur Melalui Pendekatan SWOT. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.
|
Text (COVER)
08.30.0048 Yesslyn Indah Wibowo COVER.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
08.30.0048 Yesslyn Indah Wibowo BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
||
Text (BAB 2)
08.30.0048 Yesslyn Indah Wibowo BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
Text (BAB 3)
08.30.0048 Yesslyn Indah Wibowo BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
||
Text (BAB 4)
08.30.0048 Yesslyn Indah Wibowo BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
||
Text (BAB 5)
08.30.0048 Yesslyn Indah Wibowo BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.30.0048 Yesslyn Indah Wibowo DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
08.30.0048 Yesslyn Indah Wibowo LAMPIRAN.pdf Download (268kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh strategi alternatif pada PT. Semarang Makmur sebagai produsen seng untuk dapat bersaing dengan produsen seng lain yang ada. Hal pertama yang dilakukan adalah dengan menganalisis faktor-faktor internal dan faktorfaktor eksternal yang mempengaruhi perusahaan. Dari hasil analisis tersebut dilanjutkan dengan metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Analisis SWOT merupakan suatu metode yang digunakan sebagai dasar dalam perencanaan strategi dengan menganalisis faktor kekuatan dan kelemahan (faktor internal) serta faktor kesempatan dan ancaman (faktor eksternal). Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner dengan pihak manajemen PT. Semarang Makmur dan pihak eksternal dalam hal ini konsumen. Hasil wawancara dan kuesioner tesebut selanjutnya diolah dalam matriks skor IFAS dan EFAS. Hasil skor tersebut kemudian dimasukkan ke dalam Matriks IE untuk mengetahui kondisi perusahaan. Selanjutnya dimasukkan ke dalam Matriks SWOT dan menghasilkan berbagai strategi yaitu strategi SO (strength-opportunity), strategi WO (weakness-opportunity), strategi ST (strength-threat), strategi WT (weakness-threat). Hasil penelitian menunjukkan kondisi PT. Semarang Makmur pada kondisi stabil. Pada kondisi ini, tidak diperlukan adanya perubahan strategi secara signifikan akan tetapi terus melakukan ekspansi adalah hal penting yang tetap perlu dilakukan. Mempertahankan kualitas bahkan menambah varian produk untuk menghadapi kompetitor adalah langkah tepat untuk terus dapat bersaing. Dari hasil penelitian diperoleh beberapa strategi alternatif yang dapat dilakukan PT. Semarang Makmur di antaranya adalah penggunaan teknologi internet untuk kegiatan promosi dan menambah varian produk seng gelombang. PT. Semarang Makmur dapat menggunakan strategi alternatif tersebut agar dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang yang ada serta meminimalkan kelemahan dan ancaman yang ada serta bersaing dengan kompetitor yang ada.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 330 Economics |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Agung Tri Hartadi |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 07:57 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 07:57 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/10520 |
Actions (login required)
View Item |