STRES MENGHADAPI KOMPETENSI PRESTASI PADA SISWA SLTP KELAS AKSELERASI DITINJAU DARI SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN SOSIAL

KURNIAWAN, DANIA (2003) STRES MENGHADAPI KOMPETENSI PRESTASI PADA SISWA SLTP KELAS AKSELERASI DITINJAU DARI SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN SOSIAL. Other thesis, Prodi Psikologi Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
99.40.2976 Dania Kurniawan COVER.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
99.40.2976 Dania Kurniawan BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text (BAB II University avalible document only in Soegijapranata Catholic)
99.40.2976 Dania Kurniawan BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III University avalible document only in Soegijapranata Catholic)
99.40.2976 Dania Kurniawan BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text (BAB IV University avalible document only in Soegijapranata Catholic)
99.40.2976 Dania Kurniawan BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text (BAB V University avalible document only in Soegijapranata Catholic)
99.40.2976 Dania Kurniawan BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text (BAB VI)
99.40.2976 Dania Kurniawan BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
99.40.2976 Dania Kurniawan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
99.40.2976 Dania Kurniawan LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini luempunyai beberapa tujuan untuk mengetahui ada tidaknya: (1) hubungan antara se(( efficacy dan dukungan sosial dengan stres menghadapi kompetisi prestasi pada siswa SL TP keIas akselerasi, (2) hubungan antara self' efficacy dengan stres menghadapi kompetisi prestasi pada siswa SL TP kelas akselerasi, dan (3) hubungan antara dukungan sosiaI dengan stres menghadapi kompetisi prestasi pada siswa SLTP kelas ~kselerasi. Ada asumsi bahwa program akselerasi dengan kurikulum yang dipadatkan dan kompetisi yang Iebih berat akan memicu siswa mengalami stres. Sis\va terse but yang masih tergolong remaja awaI tidak seharusnya ban yak tersita waktunya hanya untuk belajar, melainkan harus punya waktu untuk tugas-tugas perkembangan yang lain. f3crdasar asumsi tersebut dilakukanlah pcnclitian dcngan mcmasukkan filktor-faktor dari stres, an tara lain se(( efficacy. sebagai faldor ~ntemal dan dukungan sosial sebagai faktor eksterna1. Sesuai dengan tujuan peneIitian, maka hipotesis dala1n eneIitian ini adalah: ( I) ada hubungan antara elf' efficacy clan aukungan sosial dengan stres menghadapi kompetisi prestasi pada siswa S TP kelas akselerasi, (2) ada Ii bungan antara se(l efficacy dengan stres mengh dapi kom~tisl prestasi pada srswa SL TP kelas akselerasi, dan (3) ada hubungan an tara Kungan sosial dengan stres menghadapi kompetisi prestasi patla siswa SLTP kela ~kseJerasi. Subyek penelJtian i i adalah seluro iswa kelas akseler si dua di SL TP Negeri 2 dan SL TR omeni€o Savio Semarang. Jumlah siswa akselerasi dua di SL TP Negeri 2 sebanya 18 siswa dan di IDom€nico Savio juga 18 siswa. elas akselerasi satu tidak dipakai ~arena saat genetitian ini bertangsung tnereka barr sebentar Inasuk di kelas tersebut, sel1i gga belu begitu m r, sakan kom,Petisi di sana, Alat ukur yan digunakan dalam ~neLitian ini adalah s ala yang jumlahnya ada tiga yaitu skala stres e~hadapi kompetisi prestasi, skala s )~f efficacy, dan skala dukungan sosia1. Hasil Anareg dua pre iktor menunjukkan n"la· R:y(l, )= 0,73950 (p<O,Ol) yang bcrarti ada hubungan sangat si!,1flifiRan n r: .\'e .1' efficacy dan dukungan sosial dengan stres menghadapi kompetisi prestasi pada siswa SL TP kelas akselerasi. Sumbangan efektif self efficacy dan dukungan sosial terhadap stres menghadapi kompetisi prestasi sebesar 51,85 %. Hasil korelasi product moment Pearson an tara self efficacy dengan stres menghadapi kompetisi prestasi menunjukkan nilai r sebesar -0,731 (p<O,OI) yang berarti ada hubungan negatif yang sangat sif.,rnifikan antara se({ efficacy dengan stres menghadapi kompetisi prestasi pada siswa SL TP kelas akselerasi. Sumbangan efektif self efficacy terhadap stres menghadapi kompetisi prestasi sebesar 40,81 %. Hasil korelasi product lnOlnent Pearson antara dukungan sosial dengan stres menghadapi kompetisi prestasi menunjukkan nilai r sebesar -0,558 (p<O,O I) yang berarti ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan stres menghadapi kompetisi prestasi pada siswa SL TP kelas akselerasi. Sumbangan efektif dukungan sosial terhadap stres menghadapi kompetisi prestasi sebesar I 1,04 %. Kata kunci: set/efficacy, dukungan sosial, stres menghadapi kompetisi prestasi, siswa SL TP kelas akselerasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Job Stress
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives > Self Efficacy
300 Social Sciences > Social Support
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 14 Jul 2016 08:13
Last Modified: 14 Jul 2016 08:13
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/10466

Actions (login required)

View Item View Item