EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN STUDI KASUS SUPERVISOR PERUSAHAAN DISTRIBUTOR KOSMETIK DWI KARYA UTAMA SEMARANG

NUGROHO, DWI (2003) EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN STUDI KASUS SUPERVISOR PERUSAHAAN DISTRIBUTOR KOSMETIK DWI KARYA UTAMA SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
96.30.2681 Dwi Nugroho COVER.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
96.30.2681 Dwi Nugroho BAB I.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
96.30.2681 Dwi Nugroho BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
96.30.2681 Dwi Nugroho BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB IV)
96.30.2681 Dwi Nugroho BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
96.30.2681 Dwi Nugroho BAB V.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
96.30.2681 Dwi Nugroho DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
96.30.2681 Dwi Nugroho LAMPIRAN.pdf

Download (976kB) | Preview

Abstract

Pelatihan adalah suatu kegiatan daTi perusahaan yang bermaksud untuk memperbaiki dan mengembangkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap dari para karyawan sesuai dengan keinginan perusahaan yang bersangkutan, Evaluasi program peJatihan adalah suatu proses untuk menentukan apakah telah ada kemaj uan atau peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang dialami peserta pelatihan dan apakah telah sesuai dengan tujuan dari pelatihan itu sendiri sehingga pelatihan itu dapat dikatakan efektif atau tidak. Dalam rangka memacu peningkatan efisiensi dan produktifitas kerja serta moral bawahan dilingkungan Dwi Ka a tam a, diperlukan usaha peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan sikap- d I 'm ela . nakan tugas khususnya dalam penelitian ini adalah supelNisor. Valam penelitian iru, Qeneliti mengambil j udul skripsi "Efektivitas rogram Pelatihan ( Pada -u ervisor Perusahaan Distributor Kosmeti Dwi Karya Utamll marang )". Pel~tihan ini mempunyai tujuan untuk meninglga kan pengetaliuan, ketrampilan dan sikap, sehingga perumusan permasalahan adal sebagai berikut : a. Apakah ter apai '. ¢ bedaan yang signifikan da penin&Katan variabel pengetahuan sebelum Clan setelah m ngik ti program pelatihan ? b. Apakah terdapat perbedaa yang signifikan dan peni g~atan variabel ketrampilan sebelum Han setelall mengikuti program pelatihan ? <dan, c. Apakah ter I pat pert;ed~n yang signifikan dan ~ningkat variabel sikap sebelum dan set lah mengikuti program pelatihan ? Obyek penelitiannya ada-Iah &u IV·S.O di J:)wi Kary mengikuti Pelatihan S rvisor Dasar yang diatlakan pada ggal 6 - 11 januari 2003. Komponen dalam ~ngevaluasi hasil program Qela 'han yang akan diteliti adalah peningkatan pengetahuan, Reningkatan ket p'lan dan perubahan sikap setelah mengikuti pelatihan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil program pelatihan telah sesuai dengan tuj uan yang diharapkan pihak perusahaan yang meliputi : Apakah terdapat perbedaan yang signifikan dan peningkatan variabel pengetahuan sebelum dan setelah mengikuti program pelatihan ? ,Apakah terdapat perbedaan yang signifikan dan peningkatan variabel ketrampilan sebelum dan setelah mengikuti program pelatihan ? dan Apakah terdapat perbedaan yang signifikan dan peningkatan variabel sikap sebelum dan setelah mengikuti program pelatihan ? Hipotesis merupakan anggapan sementara tentang suatu fenomena tertentu yang akan diteliti. Dalam penelitian ini hipotesis yang diajukan adalah berdasarkan tujuan pengujian. Iika pengujian dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara dua sampel yang independen satu sarna lain maka rumusan hipotesisnya : ,/ Ho : Tidak terdapat perbedaan tingkat pengetahuan, ketrampilan dan sikap setelah mengikuti program pelatihan. \ Hi Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan, ketrampilan dan sikap setelah mengikuti program pelatihan. Lokasi atau tempat penelitian di II. angga Dalam Selatan No. 28 Srondol Banyumanik Semarang. Analisis s~or rata rata diPCirgUhakan untuk menfevaluasi hasilprogram pelatihan apakah terdapat peningkatao pengetahuan, ketrampilan ·(ian sikap dan hasilsebelum da sesudah mengikut' pelatihan dan hasil perhitun~annya adalah sebagai berikut : 1. Tanggapan responden mengenai ~ngetahuan sesudah pelatihan menunjukkan skor rata - rata 72. (fO berarti beraaa -diantara rentang skal 63 - 77 dimana masuk dalam kategori merna ami, sedangkan sebelum pelatihan menunjukkan skor rata - rata 49.00 dimana as dalam rentang skala 4& - 62 kategori kurang memahami, maka dapat isimpulka -ba · wa h srI program pelatihan dalam hal ini adalah pengetahuan mengalami peningkatan 2. Tanggapan responden mengenai ketrampilan sesud.ah pelatihan menunjukkan skor rata - rata 74.50 berarti berada diantara rentang skala 63 - 77 dimana masuk dalam kategori memahami, sedangkan sebelum pelatihan menunjukkan skor rata - rata 48.50 dimana masuk dalam rentang ska.la 48 - 62 kategori kurang memahami, maka dapat disimpulkan bahwa hasil program pelatihan dalam hal ini adalah ketrampilan mengalami peningkatan 3. Tanggapan responden mengenai sikap sesudah pe)atihah menunjukkan skor ratarata ~76.50 berarti berada diantara rentang skala 63 - 77 dimana masuk dalam kategori memahami, sedangkan sebelum pelatihan menunjukkan skor rata - rata 47.50 dimana masuk dalam rentang skala 33 - 47 kategori tidak memahami, maka dapat disimpulkan bahwa hasil program pelatihan dalam hal ini adalah sikap mengalami peningkatan Berdasarkan dari anal isis perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan dan terjadi peningkatan pada variabel pengetahuan variabel ketrampilan dan variabel sikap.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Promotion and evaluation
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:41
Last Modified: 22 Jun 2016 06:41
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/10186

Actions (login required)

View Item View Item