SETYAWATI, DIAH HEPPY (2003) PETA POSISI EQUITAS MEREK TELEPON SELULAR (STUDI KASUS PADA PENGGUNA TELEPON SELULAR YANG ADA DI KOTA SEMARANG). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
96.30.2621 Diah Heppy S COVER.pdf Download (370kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
96.30.2621 Diah Heppy S BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
||
Text (BAB II)
96.30.2621 Diah Heppy S BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
||
Text (BAB III)
96.30.2621 Diah Heppy S BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text (BAB IV)
96.30.2621 Diah Heppy S BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB V)
96.30.2621 Diah Heppy S BAB V.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
96.30.2621 Diah Heppy S DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
96.30.2621 Diah Heppy S LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Merek adalah mcrupakan nama, istilah, tanda, symbol, atau rancangan, atau kombinasi dari hal-hal tersebut yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari seseorang atau sekelompok penjllal dan untuk membedakannya dari produk pesaing. Scringkali konslimen dalam membeli produk hanya berdasarkan merek yang ia sukai tanpa mcmpcrhatikan kualitas maupun harga dari barang tersebut. hal ini seringkali dikarenakan konslImcn tclah percaya pada merck tersebut, selain itu kadangkala konsumcn telah mcrasa puas apabila ia telah menggunakan merek tersebut.oleh karena itu merck sangat berguna dalam strategi produk Merck yang kuat adalah merck yang rnemiliki ekuitas merek yang tinggi. Ekuitas adalah kekuatan atau nilai dari suatll merck. Ekuitas merek semakin tinggi dengan scmakin tingginya kesetiaan merck, kesadaran nama, mutu yang diyakini, hubungan merck yang kuat dan aktiva lainnya. Begitu juga dengan merek telepon selwlar yang ada dipasaran sekarang ini. Seperti diketahui sekarang ini sedang terjadi bOQming ,Hen 'gunaan telepon selular atau yang lehih dikenal dengan hand ph ne ... Saat ini penggun elepon selular tidak hanya dari kalangan atas saja tetapi juga sudah mencapai pada kalangan menengah dan dan segi umurpun sudah pada tara~ usia remaja. ad' tida hanya mer,ek yang saja yang sudah berpenghasilan tetapi juga! mereka ang masih berstatu pelajar at~upun mahasiswa. Dipasaran sudah terd pat bany~ merck tele on selular, diman te ' adi persaingan yang sangat ketal diantar:a merek- erck tersebUl olep karena' itu.. dala penelitian ini akan dilihat beberapa mas~lah mCllgenai mereJ( . Idar~ telepon selular 'tu sendiri berdasarkan perumusan masalah sehagai berikl)t: . bagaimana ah pO!fsi top o£ mind-antar merek teltfpon seIu ar. BagaimanaKah posisi asosiasi responden atas beberapa mel1ek telepon selular? Bagaiman h posisi antar merek telepon selular berd s-arkan tingkat loyalitas merck tcrha ap tingkat kualitas &n telepon selular. Selain itu dalam penelitia in' juga dilakukarr1'emoatasan masalah. yaitu: . merek yang akan diidentifi asiekuitas rpereknya adalah mere -merek yang main brand 'ekuitas dari merek-merek tele 0 se ualr ini akan diukuf elalui empat elemennya, yaitu 1. loyalitas merek 2. assosiasi merck 3. kesadaran merek ·4. kualitas yang dirasakan Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah penduduk kota -5emarang yang menggunakan lcIepon selular dan dalam hal ini merupakan populasi yang jumlahnya tidak terbatas. Dalam populasi yang jumlahnya tidak terbatas maka penentuan sampelnyapun rnenggunakan sam pel besar yaitu beIjumlah min 100 responden. Karena keterbatasan waktu dan biaya maka dalam penelitian ini jumlah sampelnya sebimyak 100 responden. Dari 100 respoden ini diharapkan sudah dapat mewakili pengguna telepon selular yang ada di Kota Semarang. Metodc sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling dan snowball ' sampling. Scdangkan mctode pcngumpulan data yang digunakan untuk mcndapatkan data yang diperlukan adalah dengan menggunakan kuesioner , baik itll kuesioner terbuka maupun kuesioncr tertutup. Untuk brand awareness, brand association digunakan kucsioner tcrbuka yaitu kucsioner yang belum disediakan jawabannya. Sedangkan untuk brand loyalty dan perceived quality menggunakan kuesioner tertutup, yaitu kuesincr yang telah tersedia jawabannya. Untuk brand loyalty dan perceived quality juga mcnggunakan skala Likert sebagai skala pengukurannya. Sedangkan alat yang dipergunakan untuk mengukur semua e1emen brand equity dari telepon selular ini adalah statistik deskriptif mean. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil sebagai berikut: 1. merck tclepon sclular yang mcrupakan top of mind adalah Nokia 2. bebcrapa merck yang mempunyai assosiasi sebagai merek te\epon seJuJar adalah : 3. 4. 5. Nokia Siemcn Samsung Siemen Ericsson Motorola Panasonic Alcatel Philip LG 6. berdasarkan hasil penelitian diatas maka saran- saran yang coba diberikan adalah; dalam industri telepon sclular yang akan datang hendaknya desain-desain yang dibuat lebih menarik dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang lebih menarik dan modern, hal ini mungkin dapat membantu membangun nilai brand loyalty perceived quality. Produsen juga hendaknya meningkatkan layanan puma jual Hendaknya masing-masing telepon selular merniliki cirri tersendiri yang dapat mcmbcdakannya dengan dari merck lain. Hal ini dapat membangun nilai brand association masing-masing merek. Kegialan iklanpun hcndaknya lebih dilingkatkan, kegiatan pengiklanan ini dapat membantu pernbangunan nilai brand awareness dan brand association. Khusus untuk Philip hendaknya lebih ditingkatkan lagi pengenalan produk telcpon selularnya agar Icbih dikenal olek konsumen. Untuk merek ericcson yang banyak dikeluhkan oleh rcspondcn adalah kualitas dari baterynya yang seringkali drop, hendaknya produsen tanggap akan hal ini dan dapat meningkatkan kualitas dari baterynya
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations > Brands |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 06:45 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 06:45 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/10177 |
Actions (login required)
View Item |