Haryani, Ninik (2016) PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD. Masters thesis, Fakultas Psikologi UNIKA Soegijapranata.
|
Text (COVER)
13.92.0009 Ninik Haryani COVER.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
13.92.0009 Ninik Haryani BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
||
Text (BAB II)
13.92.0009 Ninik Haryani BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
||
Text (BAB III)
13.92.0009 Ninik Haryani BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
||
Text (BAB IV)
13.92.0009 Ninik Haryani BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
||
Text (BAB V)
13.92.0009 Ninik Haryani BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
||
Text (BAB VI)
13.92.0009 Ninik Haryani BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.92.0009 Ninik Haryani DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
13.92.0009 Ninik Haryani LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menguji peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media flash card. Hipotesis penelitian ini adalah media flash card efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest posttest kontrol group design. Terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan jumlah subjek masing-masing 5 orang siswa. Dari analisis Mann–Whitney U diperoleh mean pretes kelompok kontrol sebesar 52,8 dan mean postes kelompok kontrol sebesar 59,6 sedangkan gain skore pada kelompok kontrol sebesar 6,8. Mean pretes kelompok eksperimen sebesar 38,8 dan mean postes kelompok ekspeimen sebesar 73,6 sedangkan gain skore kelompok eksperimen sebesar 34,8. Mean postes pada kelompok eksperimen sesudah treatment lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen setelah diberikan treatment berupa media flash card, subjek mengalami peningkatan kemampuan membaca permulaan daripada kelompok kontrol dengan Z = -2,619 dan p < 0,01 berarti ada perbedaan peningkatan kemampuan membaca permulaan pada kelompok eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa flash card dapat digunakan untuk membantu guru secara efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Learning |
Divisions: | Graduate Program in Psychology > Master of Science in Psychology |
Depositing User: | Mr Ign. Setya Dwiana |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 05:10 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 07:33 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/10022 |
Actions (login required)
View Item |