PERSEPSI KARYAWAN MENGENAI UPAYA PERUSAHAAN UNTUK MEMPERTAHANKAN KARYAWAN PADA PT. BRATACHEM SEMARANG

Emanuel S, Oddie (2015) PERSEPSI KARYAWAN MENGENAI UPAYA PERUSAHAAN UNTUK MEMPERTAHANKAN KARYAWAN PADA PT. BRATACHEM SEMARANG. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKA Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
09.30.0087 Oddie Emanuel S. COVER.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB I)
09.30.0087 Oddie Emanuel S. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (BAB II available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
09.30.0087 Oddie Emanuel S. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text (BAB III available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
09.30.0087 Oddie Emanuel S. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text (BAB IV available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
09.30.0087 Oddie Emanuel S. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text (BAB V)
09.30.0087 Oddie Emanuel S. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.30.0087 Oddie Emanuel S. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi responden tentang mempertahankan karyawan dan mengetahui upaya PT. Bratachem Semarang untuk mempertahankan karyawan. Objek penelitian ini adalah PT. Bratachem yang berlokasi di Jl. Indraprasta No. 7 A Semarang. Pemilihan objek ini didasarkan pada perusahaan tersebut memiliki masalah retensi karyawan. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Bratachem yang berjumlah 32 orang, maka penelitian ini ditetapkan sebagai penelitian sensus, dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode yang digunakan peneliti untuk memperoleh data adalah kuesioner. Kemudian dilakukan uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah Analisa Deskriptif. Dari hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka kesimpulan yang dapat ditarik adalah sebagai berikut:(1)Komponen organisasional, Karena termasuk kalam kategori rendah, maka dapat dilakukan berbagai upaya seperti: manajer mencari wakil manajer, perusahaan memberikan hari libur lebih panjang kepada karyawannya misalnya Natal libur jangan hanya 1 hari tetapi 3 hari, mengembangkan strategi bisnis lebih baik misalnya dengan memperluas pemasaran tidak hanya di kota besar tetapi di daerah-daerah, sistem pengelolaan manajemen diperbaiki misalnya tidak memberikan pekerjaan tambahan pada satu karyawan, perusahaan dapat menjamin keamanan kerja karyawannya dengan memberikan Jamsostek.(2)Peluang karir organisasional, Termasuk dalam kategori rendah, maka dapat ditingkatkan dengan cara memberikan pelatihan atau training kepada karyawannya misalnya dengan off the job training supaya ketrampilan karyawan meningkat, pelatihan dapat dilakukan sebulan sekali. (3) Penghargaan, Termasuk dalam kategori tinggi, maka dapat dipertahankan dengan cara mengikuti kenaikan gaji karyawan sesuai UMR, perusahaan dapat memberikan insentif tambahan bagi karyawan yang mencapai target penjualan, perusahaan memberikan pengakuan dan penghargaan kepada karyawan berprestasi, memberikan tunjangan transportasi, uang makan dan lembur. (4) Rancangan tugas dan pekerjaan, Termasuk kategori tinggi, maka sebaiknya dipertahankan untuk rancangan tugas yang telah baik dan otonomi yang jelas, memberikan kesempatan karyawannya libur di hari Minggu. (5) Hubungan karyawan Termasuk dalam kategori tinggi, maka sebaiknya dipertahankan yaitu memberikan perlakuan sama kepada karyawan dan mempertahankan keadilan gajinya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Personnel management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 03 Jun 2016 02:14
Last Modified: 03 Jun 2016 02:14
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9751

Actions (login required)

View Item View Item