PERAN DAN MODEL COACHING BAGI PENGEMBANGAN KARYAWAN PT BCA TBK DI KANTOR WILAYAH II SEMARANG

Gunarso, Djie Agustinus (2015) PERAN DAN MODEL COACHING BAGI PENGEMBANGAN KARYAWAN PT BCA TBK DI KANTOR WILAYAH II SEMARANG. Masters thesis, Magister Manajemen UNIKA Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
13.90.0032 Djie Agustinus Gunarso COVER.pdf

Download (717kB)
[img] Text (BAB I)
13.90.0032 Djie Agustinus Gunarso BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB II)
13.90.0032 Djie Agustinus Gunarso BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text (BAB III)
13.90.0032 Djie Agustinus Gunarso BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB IV)
13.90.0032 Djie Agustinus Gunarso BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text (BAB V)
13.90.0032 Djie Agustinus Gunarso BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.90.0032 Djie Agustinus Gunarso DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.90.0032 Djie Agustinus Gunarso LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)

Abstract

Dewasa ini coaching mulai banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan kinerja dan potensi para karyawannya. PT BCA Tbk sendiri sudah mulai menerapkan coaching sejak tahun 2001 dan sampai sekarang terus dilakukan perbaikan dalam rangka menjadikan coaching ini sebagai sebuah budaya di lingkungan kerja. Peneliti melakukan penelitian untuk mengevaluasi peran dan model coaching formal yang ada di PT BCA Tbk di Kantor Wilayah II Semarang. Penelitian dilakukan dengan metode observasi non partisipasi, penelusuran dokumentasi tentang coaching, dan melalui wawancara secara mendalam dan terbimbing kepada perwakilan manajemen BCA Kantor Wilayah II yaitu Kepala Urusan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kantor Wilayah II dan Kepala Urusan Service Quality Wilayah II, Kepala Bagian sebagai coach yang merupakan Coach Ambassador Cabang tahun 2013 dan tahun 2014, dan staf sebagai coachee dari para Coach Ambassador Cabang tersebut. Dari hasil penelitan diketahui bahwa masih belum sepenuhnya karyawan di PT BCA Tbk khususnya di Kantor Wilayah II memahami pengertian dan proses coaching terkait coaching formal. Pembahasan tiga aspek dalam coaching formal yang meliputi sasaran bisnis, kompetensi, dan pengembangan dapat dirasakan bermanfaat bagi pengembangan karyawan dan Kepala Bagian sebagai Coach Ambassador Cabang dipandang telah mampu menggali ketiga hal tersebut. Model coaching formal yang saat ini ada di PT BCA Tbk sudah dapat berlangsung cukup efektif. Keefektifan proses coaching ini dapat tercapai jika dipengaruhi beberapa hal antara lain yaitu adanya kesamaan pemahaman dari coach dan coachee mengenai coaching, adanya kesadaran untuk melakukan coaching, tingkat kompetensi meng-coaching yang dimiliki seorang coach, dan inisiatif dari coachee dalam proses coaching. Ada beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan ke depannya terutama yaitu terkait kesadaran untuk melakukan coaching baik dari sisi coach maupun coachee.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Performance Appraisal
Divisions: Graduate Program in Science Management
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:26
Last Modified: 01 Jun 2016 07:26
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9732

Actions (login required)

View Item View Item