STRESSOR MAHASISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA

Widyastuti, Nungky (2008) STRESSOR MAHASISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA. Other thesis, Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
08.30.0008 Nungky Widyastuti COVER.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 1)
08.30.0008 Nungky Widyastuti BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (BAB 2)
08.30.0008 Nungky Widyastuti BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text (BAB 3)
08.30.0008 Nungky Widyastuti BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text (BAB 4)
08.30.0008 Nungky Widyastuti BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text (BAB 5)
08.30.0008 Nungky Widyastuti BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.30.0008 Nungky Widyastuti DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08.30.0008 Nungky Widyastuti LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor penyebab stres (stressor) yang dialami oleh mahasiswa dalam proses belajar mengajar dan untuk mengetahui bagaimana strategi coping yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dan pengelola terkait dengan stressor mahasiswa dalam proses belajar mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranta. Di tinjauan pustaka dijelaskan mengenai pengertian stres, gejala – gejala stres, faktor penyebab stres kerja, strategi coping dan proses belajar mengajar. Selain itu juga dikemukakan definisi operasional mengenai stressor mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2008 – 2010 yang masih aktif mengikuti proses belajar mengajar (semester ganjil 2011/2012). Populasi dari penelitian ini berjumlah 1.159 orang dan sampel yang diambil untuk penelitian adalah 100 responden. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini dapat diketahui bahwa stressor mahasiswa dalam proses belajar mengajar adalah : stressor Lingkungan Fisik ada 2 stressor, yaitu bahan – bahan belajar terkait dengan mata kuliah tidak disediakan dengan baik oleh perpustakaan dan informasi mengenai ketersediaan buku yang terdapat pada komputer di perpustakaan tidak sesuai dengan jumlah buku yang tersedia di perpustakaan, stressor Faktor Individu ada 1 stressor, yaitu harga buku – buku yang menjadi sumber referensi terlalu mahal sehingga mahasiswa tidak mampu untuk membeli buku selama kuliah, stressor Faktor Kelompok ada 2 stressor, yaitu adanya metode pembelajaran yang menuntut mahasiswa untuk bekerja secara individual sehingga mahasiswa harus bersikap mandiri dan tidak ada teman untuk diajak berdiskusi dan pada saat diskusi kelompok, teman – teman mahasiswa yang lain ada yang tidak fokus terhadap materi yang sedang didiskusikan, stressor Faktor Organisasional ada 6 stressor, yaitu kesulitan yang dirasakan oleh mahasiswa untuk mendapatkan jurnal dari perpustakaan karena adanya kebijakan bahwa jurnal yang tersedia di perpustakaan batas waktu peminjamannya tidak sampai sehari, kebijakan untuk aktif di organisasi, banyaknya tugas yang diberikan dalam setiap mata kuliah akibat dari pemberlakuan metode student – centered education, kebijakan jadwal kuliah pengganti yang diadakan pada sore hari sangat tidak efektif, pemberlakuan dari kebijakan untuk melakukan pengisian Angket Evaluasi Perkuliahan pada akhir semester sebagai syarat agar dapat mengakses nilai dan tidak adanya tindak lanjut dari adanya pengisian Angket Evaluasi Perkuliahan yang telah dilakukan oleh mahasiswa. Oleh sebab itu, dibutuhkan adanya skala prioritas untuk mengatasi stressor mahasiswa dalam proses belajar mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata dengan menggunakan strategi coping (Problem Focused Coping) yang dapat dilakukan oleh mahasiswa maupun dari pihak pengelola (pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Agung Tri Hartadi
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:58
Last Modified: 01 Jun 2016 08:58
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9573

Actions (login required)

View Item View Item