ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG DAN KENDALA KEBERHASILAN INDUSTRI KECIL studi kasus pada sentra industri kecil kerajinan konvekel dan batik garmen kelurahan medono kecamatan pekalongan barat kotamadya pekalongan propinsi jawa tengah

AMALIA, UMI (2001) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG DAN KENDALA KEBERHASILAN INDUSTRI KECIL studi kasus pada sentra industri kecil kerajinan konvekel dan batik garmen kelurahan medono kecamatan pekalongan barat kotamadya pekalongan propinsi jawa tengah. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
97.30.3055 Umi Amalia COVER.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
97.30.3055 Umi Amalia BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3055 Umi Amalia BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3055 Umi Amalia BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3055 Umi Amalia BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text (BAB V)
97.30.3055 Umi Amalia BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
97.30.3055 Umi Amalia DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
97.30.3055 Umi Amalia LAMPIRAN.pdf

Download (867kB) | Preview

Abstract

Krisis ekonomi yang berlangsWlg sejak pertengallan tallun 1997 telall banyak mengubah profil perekonomian Indonesia. Hampir di berbagai sektor khususnya sektor industri mengalami kemunduran yang cukup berarti. Tetapi industri keeil dan kerajinan temyata merupakan industri yang masih cukup bertahan terhadap dampak krisis, Hal tersebut dikarenakan banyaknya penggunaan kandWlgan ballan baku lokal sedangkan produknya sudall banyak yang berorientasi ekspor. Sebagaimana diketallui, kompetisi global yanA. ak lama I~gi akan datang juga ke Indonesia menuntut kcsiapan d . fI.-c-usati,. ~ m had. ' ya. Di daJam kerangka itu langkall- langkall dini e' apan ke aral1 kompetisi globa . ustru sallgat krusial untuk dilakukan, tennasuk 01 -i1idustIiKecil. Peranan Industri Kceil ( . ) di'in~emang dia1M sangat pet!F.g di dalarn pcrekonomian nasion utiuMnya dalarn ~ - aspek, sepelti perun~tan kesempatan kerj~. peme pendaQAtan, pernban~uflD ekonomi desaan'" peningkatan ckspor non-millos. N"arnun demikiaa, doIam DlCojalankan peranannl'" industri kecil masih mengha~api herb gai kendaia . g dl~ baik dan siSi inlf al maupun eksternal. Banyak \ildi dan pengal ..... o pink 'meiaPOrkr kendall - kendala ini tidak saja pote , - mengbarnbat diIlimik~ perkell\boligan i ustri k 'I, tetapi juga bisa mengurangi pent" g yang dapatdimainkannya. , J Berdasarkan lotar bel ' ang terse~1\!. mako ),enejiti-"tertarik un men topik tersebut d.larn skrips be9udul '''-ANAUSI FAKTOR - F Adapun perumusan masal an ingin at OR PENDUKUNG DAN KENDA ~ERHA IL-AN INBUSTRI KE faktor - faktor pendukung, dominan I g p in eran d endalo eberhasilan industri kecil. Agar pennasalallan penelitian ini opat Jetiili terfokus mako peneliti membatasi pada Sentra lndustri Keeil Kerajinan Konvcksi dan Batik Garmen di Kelurahan Medano, Kecamatan Pckalongan Barat, Kotamadya Pckalongan. Metode peneHtian yang digunakan adalah Field Research, yaitu penelitian yang dilakukan seeara langsung pada obyek yang diteliti untuk mendapatkan data. Sedangkan herdasarkan karakteriSlik masalahnya, jenis penclitian ini adalall Studi Kasus dan Lapangan ( Case and Field Study), merupakan penelitian dengan karakteristik masalall yang berkaitan dengan I.tar belakang dan kondisi saat ini dari subyek yang diteliti, scrta interaksinya dengan lingkungannya. Penelitian dilakukan di wilayab Kelurahan Medono, Pekalongan sejak Desember 2000 ,ampai dengan lanuari 2001. Pehentuan lokasi pcnelitian dengan pertimbangan bahwa Medono merupakan sentra industri kecil yang terkenal di Pekalongan, jumlah W'lit usaha kerajinan konveksi dan batik garroen Medono tergolong cukup banyak dibandingkan dengan industri kecil lain di Pekalongan, dan dalam" sentra tersebut belwn pemah diadakan penelitian mengeoai faktor - faklor pendukung dan kendala keberhasilan industrinya. JumJab populasi keseluruhan adalab 69 unit usaba dan ·diambil sampel sejunllah 40 unit usaha I respondeD yaitu pemilik sekaligus pengusaha keeil. Mctode pengambilan , ampel yang digunakan adalab teknik sampel aoak sederhana ( Simple Random Sampling ), yaitu sebuah sampel yang di iI sedcmikian Tupa sehingga setiap ~nit usaha di daJam sentra mcmpunyai ~!>3 . sarna untuk dipilih sebaga\ sampcl. g ~ Data yang digunakan d."....~tian ini adalab data "rimer yan sccara langsung dari respon~n selalcQ?lik I pengu:;aba deng metode wawancara berstruktur berdap;~an kue 'oner yans berisi pemYl!.aan - yataan yang berkaitan dcngan fak!o1';.- faklor endukung dala keIlerhasil~lnd tri kecil . Kuesioner terdiri~. Data Upum penguulii pemyataan - pem~a dengan diberi altematif ja ban d'll'gan menggunak Skala Likert~l>ag .. r a pengukurannya. Pertany ari kuesioner iDi tWebi daIwlu diuji alidit dan reliabilitasnya. sehingga I loner tersebut dap~ diper~ dan re evan dengan pem13salaban penelitian. endeka~ iIal"l" pengujfan Veliaitas enggu~3kan teknik korelasi Producr J,{~m enl, dan pellSl!jian elialillitu menggunakan ~k korelosi A/pha Cronbach. Darm perhi\)mgannya meng!!!!."akan pr~ j}SliCa/ Pockage!or The Social SCie,!!...PSS}.[or M. ~~$I' Jtrot. .. Metode anal isis data yan;'S 'l"akan dalam penclitian inL'~ AN~LISIS FAKTOR. AnahSis Faktor adalab !uk menJed han~ vanabel - varia bel kompleks dan saling berh ungan ~a enjadi faktor bersama yang pada awalnya tidak kelihatan jika variobel saling berhubungan. Analisi. faktor meneari kemuogkinan babwa variabel - variabel yang telab dikumpulkan bis. diekstraksi menjadi sejumlab kecil faktor yang jumlahnya belum bis. ditentukan dengan pasti sebelwnnya. Artiny. peneliti tidak mengetabui jumlab faklor yang mewakili variabel - variabel yang nilainy. telab dikumpulkan dan masing - masing variabel termasuk faktor yang mana. Penelitian ini akan mengidentifikasi dan membahas faktor - f2ktor pendukung, dominan I yang paling berperan dan kendala keberhasilan Industri Keeil sebagai berikut : Faklor I : Modifikasi Produk, melipuli variabel IV.31 ( Produk yang dihasilkan selalu lerjadi perubahan model I desain), V.48C ( Posisi usaha kuat dalarn fleksibililas produk), IV.32 ( Diversifikasi I inovasi produk), V.48D ( Posisi usaha kual dalam kemainpuan merespon perubahan pasar ), V.48B ( Posisi usaha kuat dalam kualilas) dan VIII.70 (Jumlah peralatan I mesin bertarnbah) Faktor 2 : Strntegi Pemasaran yang lebih mcngenn dan luwes, meliputi variabel V.49 ( Informasi pasar yang diperoleh lid ' erbatas dan 'eukup teratur ), X.8! (Respon masyarakal baik alas keberad . iidri l<X!.8:kLokasi produksi), X.82 ( Hubungan dengan pibak Iuar ~ , 'I.~ (PemililHi snemperbatikan , layolil I lala Ielak produksi ), V.4?1;:Usaba lebib lruat diqandingkWt,~g produk sejenis ), V.48A ( Po,isi usaha lfuat dalarn h~efisiensi) dan xn.I04 ( Ada tunjangan kesebatan, keselarnal kelja b"Ji-'eDilga kerja ) . ........... Faktor 3 : Adminii asl u sahafn,elipuli verjahel '11.62 (bsaha melakukan penealalan seeara leratur 1.59 ( <\dministrasi teqIii .... tereatal ra . dan lera ), dan V1.55 ( Pengelahuan diil pengelolaan keumgan ti ~ terbalas ). Faklor 4 : Menjag Ean mengembucJron Mutu ,pi-odai< , ",eliputi v be! IV.36 ( Mutu produk leb' aik dib/lp.dinaJam dengan'llsaha sejeois l'l'nnya ), .30 ( Kualilas yang baik diliba . hasil\khlr ~ melipuliDohan bakU, teks ara pengerjaan dan asesori ), d .45 ()'ro,pro~ Faktor 5 : Perlindun n baban secara- r.~el1puti v & ( Pemeliharaan fasilitas secara ru' ), X1.89 (,Penanganan bahan dil ' an secara efeklif dan efisien ), dan X1.87 (Pen llS~ku~engaWaSi)lper.di na!). Faktor 6 : Bersik:1p tnnggnp dan ada . et' P ingl{ungan cltsternai, melipuli variabel D05 ( Pengusaha mengikuti pelaliban! penyuluhan I pembinaan mengenai usaha keeil ), VIII.68 ( Peralalan I mesin yang digunakan mudah diperoleh ), Vlll.69 (Inovasi lekuologi). dan VII.61 ( Dasar pengarnbilan keputusan tidak berdasar intuisi I perasaan tetapi menggunakan analisis - analisis maupun pertimbangan - pertimbangan etas dasar infonnasi pasar ). Faktor 8 : Inovatif, meliputi variabel IV.35 ( Modell desain produk tidok mengikuli I meniru ), dan VII.63 ( Usaha tidok bersifat menyesuaikan diri dan mengharapkan, tetapi Icbih pada menciptakan dan berbuat sesuatu ). Faktor 9 : Harga produk bersaing, meliputi vanabel V.48E ( Posisi usaba kua' dalam hal harga), dan VIII.71 ( Tidok ada hambatan dalam proses produksi) . . Ke· 9 faklo, tersebut memberikan sumbangan ( persentase kumulaiif varians ) sebesar 80,498 % arti.nya· penelitian ini mampu menjelaskan faktor yang mendukung keberhasilan industri keeil kerajinan konveksi dan batik garmen Medono Pekalongan sebesar 80,498 % sedangkan sisanya 19,502 % sebagai baban pertimbangan dijelaskan oleh foktor - faklo, lain yang . ok termasuk dalam model. . UI % okl ' . Dari ke - 9 faklo, tersebut dall" ,; nentll I yang paling berperan dalam keherhasilan indus· eci! kerajinan konveksl daQ. batik gannen Medono, Pekalo"gan yaitu fokto -1femama Mlor MOdifikasi No dengan persentase varians tertinggi se 38,464 o/c ber asHan iildustri. keci tcrsebut memang harus didukung deng ~~em(fdifili8si produknya dar. g( mod motif, warna sesuai dengan erubithan sel ra koIlSlllDBn. Foklor kendala keb : ilan ~UStri dapa 'ketahui me alui ruj .• sis faktor dimana peneliti mer at apab a sebagiID b pemyalBan ( v¥iabel fam faklor ) memiliki skor I , 2 m a faktDr tersebut selain merupokan or pendukung juga merupoka aktor k dala kebelbfsilan iodustri kcoW Berdas kan Analisis Faktor moka fokto jfaklor kendala yang dihadapi Indus?'i kecil 'k'1,\!man konvekSl dan battk garmen a lab faklor (Adlllblist lB. Us.ha j id.l< cfcktJ"1 dan faklor 7 ( Kemampuan dol. eDgada. ·~aal k.~j. rcn ah ). Selain aktor tersebut, peneliti mencoba men ui ken~-kendalli4ain yang di" api oleh industri kecil tersebut berdasarkan il survai dan wawancara deng f pengusaha keeil yaitu dan segi pemasaran, tekn 10 ' ahIn baku, tenaga k pendidikan pengusahanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 May 2016 02:04
Last Modified: 25 May 2016 02:04
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9389

Actions (login required)

View Item View Item