PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK DAIHATSU MINIBUS TERHADAP LOYALITAS (STUDI KASUS PADA PT ZIRANG UTAMA DAIHATSU)

KUSWAHYUDI, LUKAS DWI (2008) PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK DAIHATSU MINIBUS TERHADAP LOYALITAS (STUDI KASUS PADA PT ZIRANG UTAMA DAIHATSU). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
99.30.4079 Lukas Dwi Kuswahyudi-cover.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB I)
99.30.4079 Lukas Dwi Kuswahyudi-bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.4079 Lukas Dwi Kuswahyudi-bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.4079 Lukas Dwi Kuswahyudi-bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.4079 Lukas Dwi Kuswahyudi-bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text (BAB V)
99.30.4079 Lukas Dwi Kuswahyudi-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA + LAMPIRAN)
99.30.4079 Lukas Dwi Kuswahyudi-dapuslamp.pdf

Download (52kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, maka era pemasaran millenium menjadi paradigma tersendiri dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Terlebih lagi dengan adanya persaingan yang semakin kompetitif diantara usaha atau bisnis yang bergerak di bidang yang sejenis, sebuah perusahaan atau organisasi harus dapat mencapai keunggulan bersaing (competitive advantage) supaya dapat tetap eksis di bidangnya tersebut. Memang tidak dapat dipungkiri lagi dengan adanya persaingan yang semakin kompetitif sebuah perusahaan harus dapat meraih kepuasan konsumen sehingga konsumen tidak “lari” kepada pesaing mereka. Salah satu perusahaan yang harus bertahan di antara banyak pesaing sejenis adalah PT. Karya Zirang Utama Daihatsu. Perusahaan ini adalah perusahaan yang menawarkan produk mobil merek Daihatsu. Pada penelitian ini akan memfokuskan pada analisis pengaruh keuggulan produk terhadap loyalitas PT. Karya Zirang Utama Daihatsu. Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan masalahnya adalah : Apakah terdapat pengaruh keunggulan produk Daihatsu Minibus terhadap loyalitas dengan studi kasus pada PT Zirang Utama Daihatsu? Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui pengaruh keuggulan produk Daihatsu Minibus terhadap loyalitas dengan studi kasus pada PT Zirang Utama Daihatsu. Populasi dalam penelitian adalah semua konsumen pada PT Karya Zirang Utama Daihatsu Semarang pada periode Januari 2007-Desember 2007. Penarikan sampel penelitian dilaksanakan dengan metode purposive sampling. Maka yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 50 orang konsumen yang membeli mobil Daihatsu jenis Minibus berdasarkan pada database yang ada. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dalam penelitian ini adalah Kuesioner. Dalam metode kuesioner ini, peneliti menggunakan skala Likert. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Tanggapan responden terhadap keunggulan produk dan loyalitas Daihatsu Minibus adalah termasuk kategori netral. Artinya konsumen merasa produk Daihatsu Minibus sesuai di kelasnya dan konsumen mudah dipengaruhi untuk berpindah produk lain. Maka dapat dikatakan pengaruh antara keunggulan produk dan loyalitas konsumen Daihatsu Minibus adalah positif, artinya karena keunggulan produk biasa saja berarti loyalitasnya juga biasa saja. xiii Sedangkan saran yang dapat dikemukakan pada bagian ini antara lain adalah: (1) Sebaiknya pihak PT Zirang Utama Daihatsu dapat semakin meningkatkan keunggulan produknya sehingga mereka makin loyal terhadap produk Daihatsu Minibus yang dibelinya. Hal ini dapat dilakukan misalnya dengan : memperkuat material body sehingga dapat semakin kokoh dan kuat, menambah varian warna lebih sesuai selera konsumen, menambah fasilitas interior sehingga konsumen lebih puas. (2) Sebaiknya pihak PT Zirang Utama Daihatsu dapat meningkatkan loyalitas konsumennya, misalnya dengan meningkatkan pelayanan penjualan unit dan pelayanan untuk perawatan atau service sehingga konsumennya semakin loyal di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Production Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 20 May 2016 07:56
Last Modified: 20 May 2016 07:56
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9350

Actions (login required)

View Item View Item