ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN KERJA (STUDI KASUS PADA PT.HERMON PANCAKARSA LIBRATAMA SEMARANG)

TRIDJAJA, SANDY (1998) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN KERJA (STUDI KASUS PADA PT.HERMON PANCAKARSA LIBRATAMA SEMARANG). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
92.30.1379 Sandy Tridjaja COVER.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB I)
92.30.1379 Sandy Tridjaja BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1379 Sandy Tridjaja BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1379 Sandy Tridjaja BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1379 Sandy Tridjaja BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text (BAB V)
92.30.1379 Sandy Tridjaja BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.30.1379 Sandy Tridjaja DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
92.30.1379 Sandy Tridjaja LAMPIRAN.pdf

Download (407kB)

Abstract

SU:llu I) ~ ru :;ahaan tentu memblltuhkan "danya k~~eJ<1ra:.:a.ll alllara. ft~illan penlSl(lhaM d.~1\.~:1II kcbuh,lllall-kc-bllluhnn bryaw:m yang menjadi wlggofnnya. Sejalan dengan pesatnY<l so?!dor indm:tri. Ie-ntl! tidak akan d<lpat lepa::; dari ada.'l.ya pm1isipasi manm::ia yang tl.lrl.lt 1H~' lIdllk\J1\g dall lerlibat eli dalamny<1_ knrena pada dasamY<1 slimber daya mallllsia 1IIt!.1l1pN.::lJ1 :mln djm~n~i pt'nting dillam sliahl pellisall3aIl unluk m~ncapai hljmm dan k\'lIlnjll;l1l p(,nlimhmm. lvfDkn pilwk pemsnhaan perlu nlt'llcemmti ke-butlllmn-kebutuhan karyawall agar mero!ka belnh bekerja di pelw;ahmm. Adapull kebuluhan-kebutuhan kary:w~'<1n yan', peril! djperhntjk~lll ol.;h pihak pemsaiIaan antant. lain seperti g~ij yang tinggi, jaminan sosial knagn k~rj<l. J:ol1(li!;j kcrja yang nyrunan. muh~ hubungan y<lng ter:.indi ardara <Jtas~ll dan bU\Vl:lh:m dan lain ~,;>; bagainy~. Saat ini kita lidak hanya menghadapi l1laSala1~ariSan pengcmggl.lr::rn. yang tinggi, p e rg~se r~ llIo(iv(lsi kerja, m~~mlah ekspor len~gy j~ 1a~i juga ma~mlah perganlian ten:1g~ keJ]a dnn masaJah perpmdahan tena l."j~C'If tl!fggi.D:"~ adanya kenY:1taaan diafas maka, pihak perusahaan hamS' IcbJli-filiOaIam menganllslpa~~~' butuhan kar),awaIl, dalmn hal ini pems::maatJ ha'1ls leqih1 Rnyal< meJl.'pemafikan 3pa yang me ~ di keb\ltl.lhCUl~ kehu(llimll k,U)'3wali. ~ehingga ~::t kepu~keJj. s\ lan ~ecara tomatis ak:U1 ml)ningk(lf pula. I r _ _ Dnmikian pula haln~ ~g-tt·r'di p~da PT. Hoomon _ 2Ilcakar I( ibrntama :-iemar:mg, ywg m~mp~k _ snlah sal\ pellisailaan ~' itl\lt\l.f bah!cllcm k!mf yang s..;!dang bcnls<1.i1a llnruk men ~alk:u; k ' ~lIas?Jj klerj. van) ,. !J B¢rdasa;·k.m uraian d allis mka peneliti ~rtari W'lh'OC mem I as I~ lanjl:t mcngcnai tingkat kepuasan ~oa karyc wan ,deopfljukul : " ANALJSIS FAKT:JRF i-ltroR Y C; ~ARll ' TERHA~ KE ¥£RJA KARYAWAN TlJDJ" SUS AD-} PI" I ,dN PA.'1C LI6RATAMA SEM .~ J I TttiuMYM8 ingin di capai d , · enel1jan ·niadal,.~, ..l. 1. Ulltllkmengetahui sebernp sar-peng gaJI~ted(ada _kepuasankerFja~.w an. 2. lJntuk mengetahui scberapa . peogam ~31.Ain~sm1terhad3 uasan ke.l:ia karyawan J . Uniuk mengetahlli , obempa be",!:eng~;, ~Ubll~ngng.\!an-"reKan ekerja terhadap kepuasan kerja karyawan ......~.. Unluk mengetahui seberapa. besar peugamh an _ aB-O"~g ~i., jaminan sosial. dan mutu hublUlgan rek:m sekerja terhanap kepuasan kerja kary~l\"!an. Se(iangkru, U:lSlIf ·t1nr\lr pe;,g,gerak kepuasan kerja kaJ}'a\'i,.'an dalam penelitian tni mengguuakan liga point yaihl : - Gaji, merup::tkan balas jttsa. atas hasil kerja seseorang yang meum waktn pembayaranny3 re J3Iin~lap . - Jaminan Sosial. merupakan semua pengeluaran yang dirancang untuk kepentingan karyawan selain upah dasar yang biasa dan kompensasi variabel langsung yang dihubungkan dengan keluaran Mutu Hul:mngan Antara Rekan S(!kerja, Atasan dan Bawahan. menlpakan sllatu kerjasama seseorang dengan orang lain karena adanya persamaan huuan, persamaan kepuas8ll kebuluhan. persamaan daya tarik dan persamaan alasan ekoDomi agar pekerjaan seJesai dengan cepat dan memerlukan tenaga lebih sedikit. Lokasi yang dipilih ijebagai obyek penelitian daJam skripsi int adalah PT, Hermon Pancakarsa Libratama Semarang yang terletak di Komplek PerkMtOrfm PtU"i Anjasmoro Blok N19-20 Madukoro Semarnng. Peneliti memilih lokasi ini brena penlsahaan ini jumlah karyawannya akhir-akhir ini mengahuni tiogkat perputarall tenaga kerja yang cukup tinggi, dirnana hal tersebut ditunjukkan dengan banyaknya karyawan yang keluar dan pemsahaan khususnya karyawan bagian marketing uLau pemasaran sehingga jwnlah karyawM yang tinggal di pemsahaM ini banya sedikil. Oleh karena ihl salah sah.! aspek yang perlll diperhatikan oleh penlsahaan adalah k ' uasan keIja karyawan, antara lain dipengaruhi oteh lingkat gaji. jaminan sosj~ tu hubungan ant;upribadi rekan sekerja, swan dan bawahan agar l} . emsah ~t. tercapai. Sedangkan populasi yang digunakan sebagai"'ll?;'den dalam penolitian inj li. jwnlah 67 karyawan yang , elun,hnya adalah kary:j liiki-Iaki, Metode pengumpul ta yang ll.igun;,ka;;';ira-dll "",cam yru : jenis dala penelitian yang ( dRla prime d dRla yJ(iinder). dlwik pen~ulao d waWRncara dan kues iooer ). Dal am~ itiM ini menggunflkln a pengukuran, dim ldkan lmtllk mengubah dma irualit' enjadi '!i' a iruantitalif ... cara mem eri ,kor asrkan skala Likert yang bi.s ~ digmyikan Imtuk ospek kepr\bad,i;rn a u sik.p, Selel"h itu dala ters.but 1Iluji1nenggunakan uji idil" reliabillta, de r label 0,244, I DallUTl s!<ripsi iii m.n~aklll anal,s. kOTe ;;,; be¢.lnd lUltuk ngetabui seberapa besar hnbun ~ "antara wriabel Mii, )aminan lOSial dan mutu hubuoF antara rekan sekerja, a(asan dM twaHan te.rnadap ke uasan kcrjakary~wan. re~ i berganda digurmkan untuk mengel' t sebeI1lpa esar teng~--'tara k€tiga van I terhadap kepuasan kelja karyawan. '-~-=....a..-:/. Uraian tentang identit. 'sronden,~ilihat .dalah : urn 'I esponden, lama kelj~respon~en di pemsahaan, Sl~.pe rkawinan.juinlah\mak ~iJ< ' a\~~ yang sud~ memkah dan Jlunlah ke)uarga yang I ~:,::~,ngkat:~ndldlkan ferakhlr responden. ------~ Analisa hasil perhitungan validifas dengan menggtmakan rumus product moment dari 22 pertanyaan scJuruhnya valid sehingga diperoleh basil reliabilitas seslmgguhnya dengan mengg\mRk3J1 molUS alpha Dari hasil perhitungan korelasi berganda antara ketiga variabel terse but terhadap kepuasan kelja karyawan sebesar 0,96041, teraapat hubungan yang kuat dan positif Hub,mgan temebut signifikan. Ho ditolak dan Hi diterima karena F bitung ( 249,57615 ) lebih besar dari F tabel ( 2,75 ), koefisien delenninasi untuk korel.si berganda .dalah 92,24 %. Hasil perhitungan regresi berganda antara ketiga variabel terhadap kepuasan kerja k1U)'awan sebesar 0,96041 , terdapat pengamh yang kuat dan pos.iti.( sehingga hubtUlgan tersebut dapst dikafakan signifikan, Ho ditolak dan Hi diterirna karena F hitung (249.5761 5 ) I.bih b., ar dari F label ( 2.75 ). Koefi sien d.lerminosi s.b"ar 92.24 %. sedangkan sisanya diperoleh dan faktor-faktor lain. . Kesimpulml seberapa besar pengaruh anlara gaji. jruninan sosial. dan mutu hubnngnn anlara rekan sekcrja, atasan dan bawahan terhaeJap kepuasnn kerja karyawan sebesar 0,92239, dimana penganlh tersebut sangat signifikan. Kontribusi yang diberikan variabel gaji sebesar 0,496169, artinya hila gaji yang diberikan meningkatk311 rnaka keplIRsan kerja karyawan akan meningkal pula Jaminan sosiaJ memherikan pengaruh sebesar 0,045007, dimana pengamh tcrsebut positif sehingga Ho dilolak dan Hi terim8, alasannya jaminan sosial tenaga kerja mempakan suatu fald or yang penting bagi karyawan. SedangkM pengamh muhl ImbWlgan dengan kepuasan kerja karyawan Bcbesar 0,157224 pengamhnya positif sehingga Ho ditolak dan Hi dilerima, aJasarmya tenaga kerjfl bagian pemflsaran merasa mutu hubungan yang diberikan. Pengaruh antara gaji) jamioan sosinl dan mntu hubugan antara rekan sek rj a) alasan dan bawAhaD terhadap kepuasan kerja karyawan adalah sebesar 0,92 dimana. terdapat pengamh yang signifikan. Saran bagi peru~ahaan .. ada.~me:ntfeman motivasi-4<cna kepada karyawan tenltama dengan membenkan ga.J.1,..~tlllgggt~'I;:~~~~~~~ s6sial enaga kerja dan peningkatan muttl hublmgan anfar~ rekan s7 bawahan aka kepuasan kerja karyawan akan meningkat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Job Satisfaction
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 17 May 2016 07:17
Last Modified: 17 May 2016 07:17
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9292

Actions (login required)

View Item View Item