EVALUASI PEMASOK TUTUP GALON (SEAL) PADA AIR MINUM ISI ULANG ”QUADI”

KURNIAWAN, FERDY (2010) EVALUASI PEMASOK TUTUP GALON (SEAL) PADA AIR MINUM ISI ULANG ”QUADI”. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
06.30.0113 Ferdy Kurniawan COVER.pdf

Download (72kB)
[img] Text (BAB I)
06.30.0113 Ferdy Kurniawan BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0113 Ferdy Kurniawan BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0113 Ferdy Kurniawan BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0113 Ferdy Kurniawan BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text (BAB V)
06.30.0113 Ferdy Kurniawan BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.30.0113 Ferdy Kurniawan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
06.30.0113 Ferdy Kurniawan LAMPIRAN.pdf

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pemasok tutup galon (seal) pada Air Minum Isi Ulang “QUADI”. Obyek pada penelitian ini adalah UD Tirta Quadi yang memiliki bisnis AMIU “Quadi” yang belokasi di Jalan Kp. Utri No. 59, Semarang. Alasan dipilihnya perusahaan ini sebagai obyek pada penelitian ini adalah karena pada perusahaan ini memiliki beberapa pemasok untuk tutup galon (seal) sehingga perlu dilakukan analisis berkenaan dengan keluhan pada masing-masing pemasoknya untuk mendapatkan pemasok terbaik bagi pihak perusahaan. Penelitian ini merupakan studi kasus (case study) dengan obyek AMIU ”QUADI”. Pada penelitian ini respondennya adalah pemilik dan semua karyawan AMIU ”Quadi”, yaitu 2 orang pemilik AMIU “Quadi” dan 1 karyawan bagian pembelian. Adapun pertimbangan dipilihnya orang-orang tersebut sebagai responden adalah karena mereka bertiga adalah pihak yang berhubungan dengan supplier sehingga memahami dan dapat mengisi kuesioner penelitian. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara: kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode scoring. Kesimpulan adalah hasil rangkuman dari hasil analisis data dan pembahasan pada bagian sebelumnya sekaligus menjawab perumusan masalah penelitian yang diungkapkan. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: evaluasi pemasok AMIU “Quadi” dilakukan dengan penilaian berdasarkan pada analisis nilai, dengan mempertimbangkan keadaan umum pemasok yang meliputi ukuran atau kapasitas produksi, keadaan pelayanan yang meliputi: waktu penyerahan barang, kondisi kedatangan barang, mengikuti instruksi atau permintaan pembeli, penanganan keluhan dari pembeli, informasi barang yang diberikan, dan informasi harga yang diberikan, kemudian faktor ketiga yang dinilai adalah keadaan material atau barang, yang meliputi: kualitas barang, harga barang, jaminan yang diberikan oleh pemasok, keseragaman barang, dan keadaan pengepakan. Pemasok prioritas pertama adalah Ibu Martha dengan total skor sebesar 23,19. Penilaian masing-masing aspek adalah sebagai berikut: keadaan umum nilai totalnya adalah 9, keadaan pelayanan nilai totalnya 6,09 dan keadaan material dengan nilai total 8,1. Sementara pemasok prioritas kedua adalah Bapak Peter dengan nilai total sebesar 21,91 dan penilaian masing-masing aspek adalah sebagai berikut: keadaan umum nilai totanya adalah 9 keadaan pelayanan nilai totalnya 5,16 dan keadaan material dengan nilai total 7,75. Pemasok prioritas ketiga adalah CV. FA dengan nilai total sebesar 21,43 dan penilaian masingmasing aspek adalah sebagai berikut: keadaan umum nilai totalnya adalah 9 keadaan pelayanan nilai totalnya 5,6 dan keadaan material dengan nilai total 6,83. Saran mengacu pada perbaikan-perbaikan yang sebaiknya dilakukan bagi pihak-pihak yang terkait dengan penelitian ini. Sedangkan saran pada penelitian adalah sebagai berikut: (1) Sebaiknya pihak AMIU “Quadi” menggunakan pemasok Ibu Martha sebagai pemasok utamanya karena terlihat dari jumlah atau total skor yang terbaik dibandingkan dengan kedua pemasok lainnya. Kelemahan dari Ibu Martha adalah pada waktu penyerahan barang, informasi barang yang diberikan dan harga yang diberikan. Oleh sebab itu jika waktu penyerahan barang dari Ibu Martha memang terlambat, maka pihak AMIU Quadi jika terburu-buru dalam membutuhkan seal, maka dapat mempertimbangkan untuk memesan pada Bapak Peter yang memperoleh skor tertinggi untuk waktu penyerahan barangnya. Kemudian jika Bapak Peter tidak dapat memenuhinya, maka dapat mempertimbangkan CV. FA. Sedangkan jika membutuhkan informasi barang dan harga dapat menanyakan kepada CV. FA, jika CV. FA tidak dapat memenuhinya, maka dapat mempertimbangkan untuk bertanya kepada Bapak Peter. (2) Pada penelitian serupa di masa mendatang sebaiknya ditambahkan penilaian lain untuk pemasok dan tidak hanya membandingkan tiga pemasok, tetapi lebih banyak pemasok dengan berbagai variasi barang atau produk

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Production Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 02 May 2016 06:42
Last Modified: 02 May 2016 06:42
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8771

Actions (login required)

View Item View Item