PROSES INOVASI PADA PERUSAHAAN SANDAL “SAVORY”

PRASETYA, ERIKA (2010) PROSES INOVASI PADA PERUSAHAAN SANDAL “SAVORY”. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
06.30.0074 Erika Prasetya COVER.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB I)
06.30.0074 Erika Prasetya BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (BAB II)
06.30.0074 Erika Prasetya BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB III)
06.30.0074 Erika Prasetya BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (BAB IV)
06.30.0074 Erika Prasetya BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB)
[img] Text (BAB V)
06.30.0074 Erika Prasetya BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.30.0074 Erika Prasetya DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
06.30.0074 Erika Prasetya LAMPIRAN.pdf

Download (40kB)

Abstract

Inovasi bukanlah berarti menciptakan sebuah produk baru. Inovasi dapat berwujud apa saja, misalnya inovasi yang dimulai dari benar-benar inovasi baru yang belum pernah ada, baik dalam bentuk jasa maupun produk. Selain itu inovasi juga bisa dilakukan dengan mengamati produk atau jasa yang sudah ada, kemudian melakukan modifikasi untuk membuat hasil yang lebih baik. Atau dari modifikasi tersebut akan melahirkan sebuah produk baru lagi. Maka penelitian ini akan menganalisis proses inovasi pada perusahaan sandal SAVORY. Perumusan masalahnya adalah sebagai berikut: (”Bagaimanakah proses inovasi pada Perusahaan Sandal SAVORY?” Adapun tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui proses inovasi pada Perusahaan Sandal SAVORY. Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah: data primer. Data yang dicari adalah data dari tahapan inovasi dari mulai Idea Generation, Opportunity Recognition, Idea Evaluation, Development, dan Commercialitation. Metode pengumpulan data pada penelitian ini peneliti memperoleh data yang diperlukan dengan menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: proses invoasi pada perusahaan sandal SAVORY terdiri dari lima tahapan yaitu: 1. Idea Generation Pada tahap pertama ini dilakukan dengan survey lapangan dan survey internet untuk mengetahui model sandal dan mengetahui harga dan pesaingnya. Ide berasal dari dalam perusahaan internal yaitu dari karyawan bagian R&D dan dari eksternal dari survey pasar yang dilakukan bagian pemasaran untuk mengetahui keinginan konsumen. Dalam tahap ini muncul 14 ide produk sandal inovasi baru. 2. Opportunity Recognition Merupakan tahap dimana perusahaan meliaht peluang di pasar dan dilakukan dengan mempelajari pesaing, mengetahui kelemahan pesaing dan melihat kelebihan perusahaan. Hasilnya adalah perusahan mengetahui bahwa memang masih ada peluang potensial di pasaran untuk melakukan inovasi ide baru untuk sandal dengan segmen pasar bidikannya, yaitu wanita dewasa. 3. Idea Evaluation Tahapan ketiga ini merupakan evaluasi dari ide dan ini dilakukan dengan penilaian oleh bagian pimpinan dan supervisor untuk mengetahui ide mana yang disetujui dan mana yang tidak disetujui beserta alasannya. Hasil dari tahapan ini adalah diperoleh 8 ide sandal inovasi baru yang merupakan produk yang lolos untuk ke tahapan berikutnya. 4. Development Tahap keempat adalah tahap pengembangan, dimana hal ini dilakukan dengan memproduksi sandal yang berkualitas dan melakukan proses quality control. Hasilnya adalah perbaikan kualitas dari 8 ide produk yang lolos untuk diperoleh hasil yang lebih baik. 5. Commercialization Proses komersialisasi ini merupakan tahapan paling akhir dari proses inovasi, yaitu produk dijual di pasaran dengan produksi massal, yaitu dengan menyalurkan ke toko-toko dan melalui salesman, serta melakukan promosi untuk mengoptimalkan laba yang diperoleh. Jadi dengan demikian dikatakan bahwa cara pemasarannya adalah dengan melalui distributor atau agennya yaitu di toko-toko dan melalui tenaga salesman untuk mencari agen baru. Sedangkan saran yang dapat dikemukakan pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Sebaiknya pihak perusahaan sandal SAVORY dapat terus melakukan proses inovasi produknya sehingga kinerjanya semakin meningkat di masa mendatang karena dari hasil analisis terbukti bahwa sandalnya memang disukai oleh konsumen dan laku di pasaran. Ide yang berasal dari internal karyawan perusahaan (misalnya marketing dan R&D) dapat ditingkatkan lagi kreativitas karyawannya melalui training atau menghadiri seminar. Sedangkan ide yang berasal dari eksternal seperti internet dapat juga lebih diexplore melalui browsing ke website luar negeri. Selain itu juga dapat dilakukan dengan memberikan kebebasan kepada pegawai untuk menyampaikan ide-ide inovasi melalui kotak saran dan ini juga dapat berlaku untuk konsumen. (2) Perusahaan juga dapat melakukan pengendalian untuk kontrol kualitasnya dengan lebih baik lagi, sehingga sandal yang diproduksi lebih mengedepankan kualitasnya dibandingkan dengan pesaingnya yang sejenis. Hal ini dapat dilakukan dengan QC yang lebih ketat sehingga diperoleh cacat produk seminimal mungkin. (3) Pada penelitian selanjutnya dengan topik serupa dapat dilakukan proses inovasi dengan perbandingan beberapa perusahaan yang bergerak di bidang yang sama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Production Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 02 May 2016 06:30
Last Modified: 02 May 2016 06:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8732

Actions (login required)

View Item View Item