STRATEGI KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA LAUNDRY CRYSTAL CLEAN DI SEMARANG

DWIJAYANTI, CHRISTINE (2010) STRATEGI KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA LAUNDRY CRYSTAL CLEAN DI SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
06.30.0059 Christine Dwijayanti COVER.pdf

Download (113kB)
[img] Text (BAB I)
06.30.0059 Christine Dwijayanti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0059 Christine Dwijayanti BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0059 Christine Dwijayanti BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text (BAB IV)
06.30.0059 Christine Dwijayanti BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.30.0059 Christine Dwijayanti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
06.30.0059 Christine Dwijayanti LAMPIRAN.pdf

Download (50kB)

Abstract

Dewasa ini, persaingan di dunia bisnis semakin kompetitif. Hal ini dapat dilihat dari berbagai usaha yang bermunculan, baik yang berskala kecil, menengah dan besar. Semuanya bersaing untuk memenangkan hati konsumennya sehingga dapat tetap eksis di tengah persaingan yang semakin gencar. Strategi yang tepat harus diterapkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan supaya ia tidak kalah dari para pesaingnya. Satu pendekatan untuk melihat keunggulan kompetitif bisnis adalah dengan analisis VRIO, yaitu perangkat internal analisis dalam konteks bisnis dengan membahas tentang V (Value), R (Rarity), I (Imitability). dan R (Rarity), O (Organization). Laundry Crystal Clean di Semarang juga menghadapi persaingan yang semakin kompetitif dewasa ini. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis strategi keunggulan kompetitif pada Laundry Crystal Clean dengan menggunakan analisis VRIO yang melihat pada nilai (value), kelangkaan (rarity), imitability (imitability), dan organisasi (organization) yang dimiliki sebuah usaha. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah: “Bagaimanakah keunggulan kompetitif berdasarkan VRIO pada Laundry Crystal Clean di Semarang?” Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui keunggulan kompetitif berdasarkan VRIO pada Laundry Crystal Clean di Semarang. Obyek pada penelitian ini adalah Laundry Crystal Clean yang memiliki kantor pusat di Jalan D.I. Panjaitan, Semarang. Laundry Crystal Clean merupakan salah satu bisnis yang bergerak di jasa pencucian atau laundry di Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Sumber datanya berasal dari pihak pimpinan atau supervisor Laundry Crystal Clean, pesaingnya, dan konsumennya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan: Interview (wawancara) dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Laundry Crystal Clean Semarang berdasarkan analisis VRIO mempunyai keunggulan kompetitif, yaitu: (1) Value: fasilitas yang terdiri dari mesin cuci, mesin dry clean, dan ruang tunggu yang baik, jumlah pelanggan dan permintaan yang semakin meningkat (4%) jika dibandingkan dengan pesaingnya yaitu Tuxedo, jumlah mesin Laundry Crystal Clean lebih banyak, dan jumlah pelanggan Tuxedo meningkat hanya 2,74%. (2) Rarity: kapabilitas atau kompetensi karyawan yang baik, dan karyawan yang ramah dan terampil. Dibandingkan dengan Tuxedo lebih unggul karena karyawan lebih ramah dan terampil. (3) Imitability: memiliki reputasi yang baik dan pelayanan yang baik dari pihak Laundry Crystal Clean. Dibandingkan dengan Tuxedo memiliki pelayanan lebih baik. (4) Organisasi: adanya follow up yang baik kepada pelanggan, hubungan yang baik antara karyawan dengan atasan dan sesama karyawan, serta adanya fleksibilitas tugas. Dibandingkan denganTuxedo dalam hal organisasi hamper seimbang. Adapun saran yang dapat dikemukakan pada penelitian ini antara lain adalah sebagai berikut: (1) Mempertahankan fasilitas yang dimilikinya. (2) Mempertahankan keramahan dan ketrampilan karyawan. (3) Memberikan pelayanan optimal kepada konsumen sehingga konsumen merasa puas (4) Menanggapi komplain dengan cepat dan ramah. (5) Mempertahankan follow up baik melalui telepon, undian berhadiah, dan lainnya untuk meningkatkan hubungan baik dengan konsumen. (6) Menjalin hubungan baik dengan karyawan dan konsumen. (7) Mengimplementasikan fleksibilitas kerja karyawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Promotion and evaluation
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 02 May 2016 06:16
Last Modified: 02 May 2016 06:16
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8719

Actions (login required)

View Item View Item