ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS TOKO BESI SURYA JAYA DENGAN PENDEKATAN SWOT

Wardhana, Edbert Plaudo (2014) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS TOKO BESI SURYA JAYA DENGAN PENDEKATAN SWOT. Other thesis, Prodi Manajemen UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
10.30.0014 Edbert Plaudo Wardhana COVER.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10.30.0014 Edbert Plaudo Wardhana BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0014 Edbert Plaudo Wardhana BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0014 Edbert Plaudo Wardhana BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0014 Edbert Plaudo Wardhana BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text (BAB V Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0014 Edbert Plaudo Wardhana BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.30.0014 Edbert Plaudo Wardhana DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
10.30.0014 Edbert Plaudo Wardhana LAMPIRAN.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Untuk menganalisis strategi pengembangan usaha toko besi Surya Jaya agar dapat bertahan dan semakin maju dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat ini. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT, dengan cara menganalisis faktor-faktor internal dan eksternalnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner yang ditujukan pada satu pemilik, 5 reseller, 3 karyawan. Hasil kuesioner tersebut diolah menjadi matriks IFAS dan EFAS dan dilanjutkan matriks IE dan matriks SWOT . Strategi yang dihasilkan dari analisis matriks tersebut adalah SO (Strength-Opportunity), strategi WO (Weakness- Opportunity), strategi ST( Strength- Threat), strategi WT (Weakness- Threat). Hasil penelitian ini menunjukan toko besi Surya Jaya dengan matriks IE berada pada sel V yang berarti hold and maintain, dimana strategi ini yaitu melakukan penetrasi pasar dan pengembangan produk, serta mempertahankan posisi di pasar agar lebih kuat. Berdasarkan hasil penelitian ini, strategi alternative yang dapat diterapkan adalah penetrasi pasar TB.Surya Jaya dengan memperluas pasar yang sudah ada dan dikuasai,dengan menjual produk atau jasa yang sama. TB.Surya Jaya memberi potongan harga pada jumlah pembelian barang tertentu kepada reseller, sehingga reseller dapat termotivasi untuk membeli barang dengan jumlah yang cukup banya dan meningkatkan kualitas hubungan dengan reseller, baik dari pemilik maupun karyawan, agar reseller merasa nyaman berberlanja di TB.Surya Jaya. Pengembangan produk TB.Surya Jaya dengan memasarkan produk baru di segmen pasar yang telah dikuasai. TB.Surya Jaya menambah varian produk dan memperbanyak pasokan atau stok barang besi, sehingga dapat melayani peningkatan yang terjadi akan permintaan / kebutuhan barang besi di sejumlah daerah, serta permintaan konsumen akan berbagai macam varian produk. Kata kunci : Strategi Alternatif, Matriks IE, SWOT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > Business Performance
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Ratnasasi Wijayanti
Date Deposited: 27 Aug 2015 11:29
Last Modified: 27 Aug 2015 11:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item