PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PENUNJANG PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA BALITA MELALUI MEDIA ANIMASI INTERAKTIF

ANINDITO, GIBRAN RIO (2015) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PENUNJANG PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA BALITA MELALUI MEDIA ANIMASI INTERAKTIF. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual UNIKA Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
10.13.0126 Gibran Rio Anindito COVER.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10.13.0126 Gibran Rio Anindito BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (BAB II Available document only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0126 Gibran Rio Anindito BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[img] Text (BAB III Available document only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0126 Gibran Rio Anindito BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text (BAB IV Available document only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0126 Gibran Rio Anindito BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V Available document only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0126 Gibran Rio Anindito BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.13.0126 Gibran Rio Anindito DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Banyak orang tua yang tidak memperhatikan pembentukan karakter anak, padahal pembentukan karakter sangat penting bagi anak terutama apabila nantinya anak-anak sudah memasuki lingkungan di luar keluarga. Pembentukan karakter anak mencakup perkembangan otak kanan dan kiri, namun kebanyakan hanya memperhatikan otak kiri tanpa mempertimbangkan otak kanan. Perkembangan otak kanan mencakup intelektual, moral, dan emosional (IQ, EQ, AQ). Dalam keluarga kelas menengah ke atas, anak-anak cenderung dilepas dan mempercayakan hiburan anak kepada teknologi. Di lain sisi, televisi dan games pada gadget tidak sepenuhnya memperhatikan perkembangan karakter anak, dan justru mempertontonkan kekerasan yang memicu anak untuk mencontoh. Jadi, sangat diperlukan tontonan yang mendidik yang mampu membimbing anak terutama pada saat masa pembentukan karakter. Anak-anak di Indonesia sangat membutuhkan tontonan yang mendidik, sehingga perlu adanya perancangan animasi interaktif yang membantu anak dalam pembentukan karakter anak. Mengapa animasi, karena animasi mampu menciptakan hal imajinatif dan fantasi dimana anak-anak memiliki imajinasi yang luas, sehingga animasi mampu menyeimbangi imajinasi anak-anak. Dan unsur interaktif agar anak-anak mendapatkan pengalaman lebih dalam menonton animasi, serta menggantikan bimbingan orang tua dalam hal tertentu. Animasi interaktif nantinya dapat dimainkan digadget dengan pertimbangan gadget merupakan media yang dekat dengan anak-anak di jaman sekarang, dan juga animasi dapat diputar berulang-ulang sesuai kemauan anak-anak. Sehingga, dimana orang tua yang sudah terbiasa mengandalkan gadget sebagai alat hiburan anak, orang tua tidak perlu cemas akan konten-konten yang berisi kekerasan atau yang tidak mendidik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mrs. Rini Yastuti
Date Deposited: 27 Aug 2015 11:11
Last Modified: 26 May 2023 03:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/600

Actions (login required)

View Item View Item