TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB KANTOR PERTANAHAN TERHADAP PENTINGNYA PENDAFTARAN TANAH UNTUK MENCEGAH TIMBULNYA MASALAH SERTIFIKAT GANDA DI SEMARANG

Chandra, Nicholas (2014) TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB KANTOR PERTANAHAN TERHADAP PENTINGNYA PENDAFTARAN TANAH UNTUK MENCEGAH TIMBULNYA MASALAH SERTIFIKAT GANDA DI SEMARANG. Other thesis, PRODI ILMU HUKUM UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
10.20.0012 Nicholas Chandra COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10.20.0012 Nicholas Chandra BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.20.0012 Nicholas Chandra BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.20.0012 Nicholas Chandra BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.20.0012 Nicholas Chandra BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.20.0012 Nicholas Chandra DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Pendaftaran tanah di Indonesia bertujuan untuk memberikan kepastian hukum bagi pemegang hak suatu tanah yang dimilikinya yaitu dengan adanya sertifikat sebagai tanda bukti atas kepemilikan tanah, sehingga pemegang sertifikat mempunyai tanda bukti hak yang kuat, namun kenyataannya terjadi masalah tumpang tindih dalam penerbitan sertifikat hak atas tanah, yaitu msalah sertifikat ganda, dimana satu bidang tanah dikuasasi oleh dua pemilik berbeda. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Objek penelitiannya adalah tugas dan tanggungjawab kantor pertanahan dalam pendaftaran tanah untuk mencegah sertifikat ganda. Lokasi penelitian adalah kantor pertanahan, kantor notaris di wilayah hukum Semarang dan rumah masyarakat pemilik sertifikat ganda. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan studi pustaka. Perumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah pertama, tugas dan tanggungjawab kantor pertanahan dalam melakukan pendaftaran tanah, kedua, faktor-faktor terjadinya sertifikat ganda dan ketiga, mekanisme prosedur penyelesaian sertifikat ganda dan dampak yang ditimbulkan bagi pemegang sertifikat ganda. Kantor pertanahan memiliki kewenangan untuk menerbitkan sertifikat, sesuai dengan tugasnya yaitu melakukan prosedur penerbitan sertifikat dengan cara melakukan pemetaan dan pengukuran di lapangan, tanggungjawab kantor pertanahan dalam melaksanaan pendaftaran tanah harus menjamin kepastian hukum bagi si pemilik sertifikat berupa perlindungan hukum. Dua faktor penyebab terjadinya sertifikat ganda, faktor internal adalah kesalahan kantor pertanahan dalam prosedur penerbitan sertifikat, lemahnya pengawasan, ketidaktelitian dalam melakukan pengukuran dan pemetaan, dimana sertifikat diterbitkan sebanyak dua kali dengan pemilik tanah yang berbeda. Faktor eksternal adalah kesalahan masyarakat dengan meninggalkan tanah miliknya dalam jangka waktu yang lama dalam keadaan yang tidak terurus, sehingga ada orang lain yang menduduki tanah miliknya secara melawan hukum, faktor administrasi kelurahan, dimana tanah letter c yang telah diterbitkan sertifikat tidak dicoret dari daftar letter c yang ada di kelurahan. Para pihak yang bersengketa dapat menyelesaikan persengketaan mereka dengan jalur negosiasi di kantor pertanahan dengan cara musyawarah mufakat, apabila para pihak tetap tidak mencapai kesepakatan dalam melakukan negosiasi, maka kantor pertanahan melimpahkan sengketa kedua belah pihak ke PTUN, dimana Putusan PTUN bersifat mengikat dan salah satu sertifikat harus dicabut secara permanent, dampak yang ditimbulkan adanya ketidakadilan bagi pemegang sertifikat ganda, terutama bagi pihak yang sertifikatnya tidak dicabut, karena harus membayar ganti rugi berupa kompensasi bagi pihak yang sertifikatnya dicabut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 342 Constitutional and administrative law
Divisions: Faculty of Law and Communication
Depositing User: Mrs Fransiska Septiana
Date Deposited: 27 Aug 2015 02:32
Last Modified: 27 Aug 2015 02:32
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/546

Actions (login required)

View Item View Item