PENERAPAN SELF-INSTRUCTIONAL UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESIF FISIK PADA ANAK

WULANSARI, FRANCISCA AJENG DIAN ASTIKA (2015) PENERAPAN SELF-INSTRUCTIONAL UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESIF FISIK PADA ANAK. Masters thesis, Program Magister Sain Psikologi Unika Soegijapranata.

[img] Text
09.92.0022 Francisca Ajeng Dian Astika Wu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)

Abstract

Agresivitas anak seringkali bermula dari usia dini dan menetap pada masa sekolah dan dewasa, sehingga membutuhkan penanganan sedini mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah self-instructional dapat mengurangi perilaku agresif fisik pada anak. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya penurunan perilaku agresif sesudah pemberian self-instructional pada anak agresif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen single subject design. Subjek dalam penelitian ini sebanyak satu orang anak dengan usia 10 tahun yang berperilaku agresif fisik. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan checklist perilaku agresif fisik yang pengukurannya dilakukan saat sebelum dan sesudah pemberian self-instructional yang diisi oleh tiga orang rater. Anak diberi intervensi berupa 19 sesi self-instructional dengan durasi kurang lebih 20 menit. Self-instructional adalah pemberian terapi kepada anak dengan menggunakan instruksi kepada diri sendiri untuk menurunkan agresivitas yang dialami oleh anak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan ada penurunan agresivitas fisik setelah pemberian self-instructional

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Science in Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Oct 2015 04:24
Last Modified: 10 Nov 2015 04:13
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/5451

Actions (login required)

View Item View Item