PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL NASIONALISME PERSATUAN INDONESIA MELALUI MEDIA DESIGN ON SURFACE DI LINGKUNGAN SEKITAR

ADITYA, ALEXANDER BEGAWAN (2015) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL NASIONALISME PERSATUAN INDONESIA MELALUI MEDIA DESIGN ON SURFACE DI LINGKUNGAN SEKITAR. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
10.13.0090 Alexander Begawan Aditya COVER.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10.13.0090 Alexander Begawan Aditya BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (BAB II Available document only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0090 Alexander Begawan Aditya BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text (BAB III Available document only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0090 Alexander Begawan Aditya BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text (BAB IV Available document only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0090 Alexander Begawan Aditya BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V Available document only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0090 Alexander Begawan Aditya BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.13.0090 Alexander Begawan Aditya DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan Negara yang besar karena sejarah dan budaya bangsanya. Salah satunya adalah akan perjuangan para pahlawannya yang rela berkorban mengorbankan apapun demi hanya untuk Indonesia, dari Indonesia dijajah sampai sekarang Indonesia sudah 69 tahun merdeka. Dulu, rasa nasionalisme sangatlah besar dalam diri bangsa Indonesia, namun sekarang globalisasi sedikit demi sedikit mulai menyimpang dan mengikis rasa persatuan di Indonesia, masyarakat mulai melupakan nasionalisme, dan sibuk mengurus diri dan kelompoknya. Diperlukan semangat untuk mengangkat nasionalisme persatuan Indonesia dikalangan anak muda sebagai wujud cinta akan tanah air. Supaya anak muda dapat menjadi anak muda yang tidak lupa akan Negaranya. Adapun metode-metode yang digunakan antara lain yaitu tinjauan pustaka untuk mencari data tentang anak muda untuk menemukan strategi dalam mengkomunikasikan secara visual tentang bagaimana meningkatkan kesadaran dan kepedulian mereka terhadap nasionalisme. Dengan mempertimbangkan aspek pengaruh globalisasi, bisa diambil celah bahwa fashion, sebagai salah satu unsur yang membuat penyimpangan-penyimpangan itu muncul, justru mudah dimanfaatkan guna menangkal budaya asing yang buruk dan mengembalikan budaya Indonesia. Penyampaian budaya Indonesia melalui media clothing yang pada dasarnya disukai para remaja merupakan media yang tepat, karena kehidupan manusia, khususnya remaja tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan akan berpakaian, terlebih terhadap penggunaan kaos.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mrs. Rini Yastuti
Date Deposited: 27 Aug 2015 11:02
Last Modified: 27 Aug 2015 11:02
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item