PENERAPAN AAC (AUGMENTATIVE AND ALTERNATIVE COMMUNICATION)UNTUK MENINGKATKAN “KOSAKATA” DALAM BENTUK ISYARAT PADA ANAK TUNARUNGU-NETRA

Triningsih, Veronica Wahyu (2014) PENERAPAN AAC (AUGMENTATIVE AND ALTERNATIVE COMMUNICATION)UNTUK MENINGKATKAN “KOSAKATA” DALAM BENTUK ISYARAT PADA ANAK TUNARUNGU-NETRA. Other thesis, Magister Psikologi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.92.0026 Veronica Wahyu Triningsih COVER.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11.92.0026 Veronica Wahyu Triningsih BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
11.92.0026 Veronica Wahyu Triningsih BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
11.92.0026 Veronica Wahyu Triningsih BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
11.92.0026 Veronica Wahyu Triningsih BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text (BAB V Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
11.92.0026 Veronica Wahyu Triningsih BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.92.0026 Veronica Wahyu Triningsih DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
11.92.0026 Veronica Wahyu Triningsih LAMPIRAN.pdf

Download (657kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian melaporkan bahwa anak tunarungu-netra mengalami kesulitan dalam penguasaan bahasa yang mengakibatkan keterlambatan dalam perkembangan aspek-aspek psikologis antara lain, perkembangan komunikasi, kognisi, sosial dll. Gangguan komunikasi pada anak tunarungu-netra terjadi karena akses bahasa yang secara normal dipelajari lewat pendengaran dan penglihatan, tidak terjadi pada anak tunarungu-netra. Maka untuk anak-anak tunarungu dibutuhkan akses yang lain untuk mengembangkan komunikasinya. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan komunikasi adalah dengan metode AAC. Tujuan penelitian ini dirancang untuk melihat efek penerapan AAC untuk meningkatkankosakata dalam bentuk isyarat anak tunarungu-netra. Metode penelitian menggunakan single subject design dan ABA. AAC diberikan selama 15 kali sesi treatment pada anak tunarungu-netra. Peningkatan kosakata akan diobservasi dan dihitung jumlah kata yang muncul, bisa berupa simbol, isyarat dan simbol, dan isyarat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kosakata dalam bentuk isyarat setelah diberikan treatment. Kata kunci: Augmentative and Alternative Communication, tunarungu-netra, kosakata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education > 371 Special education
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mrs Ratnasasi Wijayanti
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:43
Last Modified: 27 Aug 2015 01:43
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item