Triningsih, Veronica Wahyu (2014) PENERAPAN AAC (AUGMENTATIVE AND ALTERNATIVE COMMUNICATION)UNTUK MENINGKATKAN “KOSAKATA” DALAM BENTUK ISYARAT PADA ANAK TUNARUNGU-NETRA. Other thesis, Magister Psikologi Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
11.92.0026 Veronica Wahyu Triningsih COVER.pdf Download (168kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11.92.0026 Veronica Wahyu Triningsih BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
11.92.0026 Veronica Wahyu Triningsih BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
11.92.0026 Veronica Wahyu Triningsih BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
11.92.0026 Veronica Wahyu Triningsih BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
Text (BAB V Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
11.92.0026 Veronica Wahyu Triningsih BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.92.0026 Veronica Wahyu Triningsih DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
11.92.0026 Veronica Wahyu Triningsih LAMPIRAN.pdf Download (657kB) | Preview |
Abstract
Hasil penelitian melaporkan bahwa anak tunarungu-netra mengalami kesulitan dalam penguasaan bahasa yang mengakibatkan keterlambatan dalam perkembangan aspek-aspek psikologis antara lain, perkembangan komunikasi, kognisi, sosial dll. Gangguan komunikasi pada anak tunarungu-netra terjadi karena akses bahasa yang secara normal dipelajari lewat pendengaran dan penglihatan, tidak terjadi pada anak tunarungu-netra. Maka untuk anak-anak tunarungu dibutuhkan akses yang lain untuk mengembangkan komunikasinya. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan komunikasi adalah dengan metode AAC. Tujuan penelitian ini dirancang untuk melihat efek penerapan AAC untuk meningkatkankosakata dalam bentuk isyarat anak tunarungu-netra. Metode penelitian menggunakan single subject design dan ABA. AAC diberikan selama 15 kali sesi treatment pada anak tunarungu-netra. Peningkatan kosakata akan diobservasi dan dihitung jumlah kata yang muncul, bisa berupa simbol, isyarat dan simbol, dan isyarat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kosakata dalam bentuk isyarat setelah diberikan treatment. Kata kunci: Augmentative and Alternative Communication, tunarungu-netra, kosakata
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 370 Education > 371 Special education |
Divisions: | Graduate Program in Psychology > Master of Psychology |
Depositing User: | Mrs Ratnasasi Wijayanti |
Date Deposited: | 27 Aug 2015 01:43 |
Last Modified: | 27 Aug 2015 01:43 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/497 |
Actions (login required)
View Item |