PERANCANGAN VISUAL PENGENALAN HURUF UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN TEMA BUAH DAN SAYUR

CHRISTALIA, CHINTYA (2015) PERANCANGAN VISUAL PENGENALAN HURUF UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN TEMA BUAH DAN SAYUR. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
09.13.0112 Chintya Christalia COVER.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09.13.0112 Chintya Christalia BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (BAB II Available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.13.0112 Chintya Christalia BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text (BAB III Available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.13.0112 Chintya Christalia BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text (BAB IV Available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.13.0112 Chintya Christalia BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V Available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.13.0112 Chintya Christalia BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.13.0112 Chintya Christalia DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Anak dalam usai 4-5 tahun pasti mengalami tahapan perkembangan, dimana otak anak berkembang dengan sangat pesat, tahapan mulai dari senang bermain ke luar rumah, perasaan yang berubah-ubah, sudah mulai berteman, bisa bekerjasama dan berpartisipasi dalam kelompok, sudah bisa menelpon, dan mulai mengenal sahabat, menunjukkan partisipasinya dalam kelompok, kebutuhan akan kepastian dan kenyamanan dari orang tua, suka menghibur orang lain, dan ingin menorehkan prestasi. Masing-masing individu akan berkembang sesuai dengan keadaan lingkungan keluarganya, bila lingkungan mengajarkan kebiasaan baik anak secara otomatis akan meniru dan begitu sebaliknya bila lingkungan yang ditinggali anak adalah lingkungan yang buruk anak akan dapat dengan cepat menyesuaikan dan meniru. Oleh karena otak anak pada usia 4-5 tahun ini berkembang dengan sangat pesatnya, serta mampu menyerap berbagai informasi tanpa disaring mana yang baik dan mana yang buruk. Oleh sebab itu orangtua harus mampu membawa anaknya ke tempat yang baik serta menanamkan sesuatu yang baik untuk anak nantinya. Sebuah survei yang dimuat oleh Riskesdas tahun 2007 menunjukkan bahwa 93,6 persen orang Indonesia kurang makan buah dan sayur. Sementara itu data Susenas tahun 2012 menunjukkan bahwa orang Indonesia hanya menghabiskan 19 ribu per bulan untuk membeli buah dan sayur. Hal itu disebabkan kurangnya kesadaran akan kesehatan sehingga konsumsi buah dan sayur sangat sedikit. Dari banyaknya penyakit seprti kangker yang sering dijumpai pada anak-anak ini dapat menjadi bukti bahwa kurangnya konsumsi buah dan sayur dapat berimbas pada kesehatan. Banyaknya anak dan generasi muda yang lebih memilih makanan cepat saji karena rasa yang enak. Sekarang ini bila anak mengalami susah buang air besar atau sariawan orangtua akan memberikan obat yang diresepkan dari dokter, padahal masalah seperti itu dapat dengan mudah diatasi dan dapat dicegah dengan makan buah dan sayur secara teratur setiap hari. Oleh karena itu, penelitian ini, penulis akan memberikan solusi terhadap anak yang susah makan buah dan sayur , yaitu berupa film pendek yang akan tayang di televise mengenai pembelajaran huruf alphabet sekaligus memperkenalkan buah dan sayur serta manfaat bila mengkonsumsi buah dan sayur tersebut. Sehingga kemudian anak akan mau mengkonsumsi buah dan sayur yang sangat bermanfaat bagi kecerdasan otak serta kesehatan badan. Film ini nantinya akan berjumlah 26 seri yang tiap serinya akan memperkenalkan huruf a sampai z sehingga disamping anak belajar huruf untuk mempersiapkan ke jenjang yang lebih tinggi anak juga dapat belajar manfaat buah, bentuk, rasa,cara buah itu tumbuh sampai dapat diolah menjadi apa saja buah itu nantinya. Manfaat perancangan ini bagi desainer adalah sebagai seorang desainer kita harus mampu untuk mengajak dan mencontohkan kebiasaan baik untuk kehidupan, kemudian membuat sebuah karya yang mampu mengajak dan mengusik minat anak untuk mau mencoba. Baik itu sebagai sebuah film animasi , buku, ataupun yang lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education > Kindergarden
700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mrs. Rini Yastuti
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:43
Last Modified: 27 Aug 2015 01:43
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item View Item