PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PT. POS INDONESIA TERHADAP PENGIRIM APABILA TERJADI KERUSAKAN, MUSNAH ATAU HILANGNYA BARANG (STUDI KASUS PADA PT. POS INDONESIA CABANG UNGARAN)

BOWOMUKTI, BUDI (2015) PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PT. POS INDONESIA TERHADAP PENGIRIM APABILA TERJADI KERUSAKAN, MUSNAH ATAU HILANGNYA BARANG (STUDI KASUS PADA PT. POS INDONESIA CABANG UNGARAN). Other thesis, Prodi Hukum Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
10.20.0032 Budi Bowomukti - COVER.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10.20.0032 Budi Bowomukti - BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
10.20.0032 Budi Bowomukti - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
10.20.0032 Budi Bowomukti - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
10.20.0032 Budi Bowomukti - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.20.0032 Budi Bowomukti - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
10.20.0032 Budi Bowomukti - LAMPIRAN.pdf

Download (596kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan layanan pengiriman barang adalah Jasa usaha pengiriman untuk masyarakat berupa barang untuk dikirim baik dalam negeri maupun ke luar negeri. Di Indonesia PT. Pos Indonesia Cabang Ungaran adalah perusahaan milik negara yang salah satu bentuk usahanya yaitu penyelenggaraan layanan pengiriman barang Berkaitan dengan hal tersebut maka penulis ingin mengetahui secara lengkap tentang pelaksanaan tanggung jawab PT. Pos Indonesia Cabang Ungaran terhadap kerusakan, kehilangan atau musnahnya barang serta hambatan yang dihadapi serta bagaimana upaya untuk mengatasinya kemudian dianalisis dengan menggunakan aturan perundangan yang berlaku. Dasar Hukum Pos adalah Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2009 tentang Pos, Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2009 dan Keputusan Direksi PT. Pos Indonesia (Persero) Nomor: KD.65/Dirut/0812 tentang jaminan ganti rugi surat dan paket dalam negeri. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dimana penulis menjelaskan alasan-alasan subyektif peneliti tentang pemilihan obyek atau subyek yang diteliti secara spesifik dengan batasan-batasan yang cukup jelas. Spesifikasi penelitian yang dipergunakan adalah deskriptif analisis. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling yaitu dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu dan harus representatif. Pengumpulan data melalui data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Dari kasus kerusakan, musnah atau hilangnya barang tersebut, terdapat kesimpulan bahwa tanggung jawab yang diberikan oleh PT. Pos Indonesia Cabang Ungaran kepada pihak pengirim kurang maksimal, yaitu ganti rugi yang diberikan kepada pihak pengirim tidak sesuai dengan ketentuan mengenai besaran ganti kerugian yang dialami oleh pihak pengguna layanan paket pos sesuai dengan Keputusan Direksi PT. Pos Indonesia (Persero) Nomor: KD.65/Dirut/0812 tentang jaminan ganti rugi surat dan paket dalam negeri. Hambatan dalam pelaksanaan tanggung jawab PT. Pos Indonesia terhadap pengirim adalah ketika barang tersebut rusak, musnah atau hilang maka pihak PT. Pos Indonesia cabang Ungaran masih belum dapat mengganti kerugian dari pihak pengirim apabila pihak Kantor Pos tujuan belum menyerahkan berita acara kepada pihak PT. Pos Indonesia Cabang Ungaran. Selain itu ketika barang tersebut rusak, musnah atau hilang maka akan dilakukan investigasi atas barang tersebut dengan menelusuri tiap-tiap aliran transportasi pengiriman barang. Dari proses investigasi tersebut yang akan memakan waktu yang cukup lama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > Corporate Social Responsibility
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 23 Oct 2015 09:37
Last Modified: 23 Oct 2015 09:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/4758

Actions (login required)

View Item View Item