PENYUSUNAN INSTRUMEN DAN PENILAIAN KINERJA GURU DENGAN PENDEKATAN SMART ( Spesific, Measureable, Achievable, Relevant, Timely ) DI SEKOLAH NASIONAL NUSAPUTERA

Wahyuningtyas, Retno Palupi (2009) PENYUSUNAN INSTRUMEN DAN PENILAIAN KINERJA GURU DENGAN PENDEKATAN SMART ( Spesific, Measureable, Achievable, Relevant, Timely ) DI SEKOLAH NASIONAL NUSAPUTERA. Masters thesis, PROGDI MAGISTER MANAJEMEN UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
06.90.0022 Retno Palupi Wahyuningtyas COVER.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
06.90.0022 Retno Palupi Wahyuningtyas BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (BAB II Available document only in Soegijapranata Catholic University)
06.90.0022 Retno Palupi Wahyuningtyas BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text (BAB III Available document only in Soegijapranata Catholic University)
06.90.0022 Retno Palupi Wahyuningtyas BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text (BAB IV Available document only in Soegijapranata Catholic University)
06.90.0022 Retno Palupi Wahyuningtyas BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text (BAB V Available document only in Soegijapranata Catholic University)
06.90.0022 Retno Palupi Wahyuningtyas BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text (BAB VI)
06.90.0022 Retno Palupi Wahyuningtyas BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.90.0022 Retno Palupi Wahyuningtyas DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
06.90.0022 Retno Palupi Wahyuningtyas LAMPIRAN.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan ujung tombak dalam dunia pendidikan. Kinerja guru menjadi tolok ukur bagi peningkatan kualitas pendidikan. Untuk mengukur kinerja guru dibutuhkan adanya Instrumen Penilaian Kinerja Guru ( IPKG ). Instrumen yang baik harus dapat memenuhi beberapa kriteria antara lain valid dan reliabel. Kritera lain yang dapat dijadikan acuan dalam menentukan kualitas sebuah instrumen adalah menggunakan pendekatan SMART ( Spesific, Measurable, Achievable, Relevant dan Timely ). Ada empat kompetensi guru yang harus diperhatikan dalam penyusunan instrumen penilaian kinerja guru yaitu Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial dan Profesional sebagaimana telah diatur dalam Permendiknas No. 16 Tahun 2007. Sekolah Nusaputera telah memiliki IPKG, namun saat ini sudah tidak relevan dengan regulasi dan tuntutan dunia pendidikan yang terus berkembang. Berangkat dari pemikiran tersebut penelitian ini dilakukan untuk menyusun sebuah instrumen penilaian kinerja guru dengan menggunakan pendekatan SMART. Instrumen penilaian kinerja guru dengan pendekatan SMART ini akan memiliki kriteria yang spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, relevan dengan tuntutan perkembangan pendidikan serta penilaiannya dapat dibatasi pada suatu kurun waktu tertentu. Selanjutnya IPKG tersebut akan diujicobakan untuk menilai kinerja guru. Penelitian dilakukan di Sekolah Nasional Nusaputera dengan jumlah responden 43 orang yang dipilih berdasarkan masa kerja minimal empat tahun. Instrumen yang akan diuji terdiri dari empat variabel kompetensi guru dengan jumlah item sebanyak 125 item. Setelah melalui analisa dengan pendekatan SMART dan diuji validitas serta reliabilitasnya diperoleh 100 item IPKG yang SMART, valid dan reliabel sehingga dapat dipergunakan untuk menilai kinerja guru. Analisa pendekatan SMART menggunakan skala Likert demikian juga untuk memberikan kriteria terhadap item kinerja guru. Sedangkan untuk menguji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS 16. Hasil penilaian kinerja sudah cukup baik terutama pada kompetensi Kepribadian dan Sosial namun masih terdapat kekurangan pada kompetensi Pedagogik dan Profesional antara lain dalam hal pemanfaatan IT dalam proses pembelajaran, pembuatan bahan ajar, pencapaian prestasi dan kejuaraan dari sisi guru maupun siswa, pelaksanaan penelitian ilmiah dan PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ), serta pengalaman menjadi nara sumber pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > 725 Public structures > Recreation facilities
Divisions: Graduate Program in Management
Depositing User: Mrs. Frederika Kristin
Date Deposited: 29 Sep 2015 02:05
Last Modified: 29 Sep 2015 02:05
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3848

Actions (login required)

View Item View Item