INOVASI PELAYANAN MELALUI ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DITINJAU DARI DIMENSI KUALITAS PELAYANAN PADA USAHA RENTAL SOUND SYSTEM DRAGON 85

KRISTIYANTO, ERIK (2008) INOVASI PELAYANAN MELALUI ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DITINJAU DARI DIMENSI KUALITAS PELAYANAN PADA USAHA RENTAL SOUND SYSTEM DRAGON 85. Masters thesis, PROGDI MAGISTER MANAJEMEN UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
05.90.0011 Erik Kristiyanto COVER.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
05.90.0011 Erik Kristiyanto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (BAB II Available document only in Soegijapranata Catholic University)
05.90.0011 Erik Kristiyanto BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text (BAB III Available document only in Soegijapranata Catholic University)
05.90.0011 Erik Kristiyanto BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text (BAB IV Available document only in Soegijapranata Catholic University)
05.90.0011 Erik Kristiyanto BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text (BAB V)
05.90.0011 Erik Kristiyanto BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05.90.0011 Erik Kristiyanto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
05.90.0011 Erik Kristiyanto LAMPIRAN.pdf

Download (726kB) | Preview

Abstract

Upaya melakukan inovasi dengan meningkatkan kualitas pelayanan utama yang telah ada maupun membuat terobosan baru dengan menambah pelayanan baru akan dilakukan oleh rental sound system Dragon 85 sebagai objek penelitian yang berlokasi di Jln. Wali Songo 85 Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Upaya berinovasi dilakukan mengingat adanya komplain-komplain penyewa seputar kualitas pelayanan dan munculnya pesaing-pesaing yang semakin berkualitas dan menyewakan beberapa jenis peralatan selain sound system. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dirasa perlu untuk melakukan inovasi pada pelayanan utama dengan melakukan analisis kepuasan konsumen dan menambahkan jenis pelayanan baru. Inovasi dilakukan melalui proses merumuskan ide, mengenali peluang, evaluasi ide, pengembangan, dan komersialisasi. Dari aspek metodologi penelitian, diambil sampel sebesar 100 responden dari 156 populasi yang ada. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yang mensyaratkan sampelnya adalah orang yang pernah menyewa sound system pada rental sound system Dragon 85 lebih dari sekali dan lebih dari sehari. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan hasil yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pada usaha rental sound system Dragon 85. Hasil tersebut berupa inovasi pada pelayanan utama dan pelayanan baru. Untuk pelayanan utama inovasinya terbagi menjadi dua aspek, yaitu aspek manajemen dan teknologi. Untuk aspek manajemen inovasinya antara lain: pihak rental sound system Dragon 85 perlu melakukan survei lokasi sehari sebelum acara pada tanggal dan waktu yang telah ditentukan; pihak rental sound system Dragon 85 hendaknya menyediakan sekretariat, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan penerima tamu; pihak rental sound system Dragon 85 perlu membuat buku yang berisi komplain penyewa; pihak rental sound system Dragon 85 perlu memberikan pengarahan/pelatihan kepada operator tentang kemungkinan masalah teknis maupun non teknis yang timbul beserta cara mengatasinya dan pengarahan/pelatihan tentang cara melayani pelanggan dengan baik; pihak rental sound system Dragon 85 perlu memberikan standar pelayanan; operator rental sound system Dragon 85 harus selalu berada di lokasi acara untuk menjaga sound system saat berlangsungnya acara; pihak rental sound system Dragon 85 perlu membuat daftar harga sewa; pihak rental sound system Dragon 85 perlu melakukan pengecekan peralatan secara rutin; dan operator rental sound system Dragon 85 perlu diberi seragam. Sedangkan untuk aspek teknologi inovasinya adalah: menambahkan alat-alat sound system dengan membeli peralatan buatan luar negeri bermerek terkenal yang setengah pakai tetapi masih bagus dan bisa mengeluarkan suara yang mantap atau membeli peralatan baru secara kredit. Inovasi untuk pelayanan baru terdapat 2 alternatif. Kedua alternatif berpeluang bagus untuk dikembangkan, tetapi untuk alternatif pertama merupakan inovasi dengan biaya investasi yang kecil sampai sedang, sedangkan untuk alternatif kedua adalah inovasi dengan biaya yang tinggi. Adapun inovasi pada alternatif pertama adalah menambah rental diesel, jasa dekorasi, lampu penerangan, tratak, dan jasa foto. Sedangkan untuk alternative kedua adalah menambahkan rental panggung pertunjukan,pemutaran film, jasa shooting, rental organ tunggal dan/atau penyanyi, serta rental kursi untuk tamu. Kata kunci: inovasi, kepuasan konsumen, pelayanan utama, dan pelayanan baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > 725 Public structures > Recreation facilities
Divisions: Graduate Program in Management
Depositing User: Mrs. Frederika Kristin
Date Deposited: 29 Sep 2015 02:06
Last Modified: 29 Sep 2015 02:06
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3843

Actions (login required)

View Item View Item