PENERAPAN SANKSI PIDANA DALAM PUTUSAN KASUS TINDAK PIDANA PENIPUAN PENAWARAN KERJA (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 492/PID.B/2021 PN SMG)

UTAMI, ARISTA WINDI (2024) PENERAPAN SANKSI PIDANA DALAM PUTUSAN KASUS TINDAK PIDANA PENIPUAN PENAWARAN KERJA (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 492/PID.B/2021 PN SMG). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
20.C1.0010-ARISTA WINDI UTAMI-COVER_a.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
20.C1.0010-ARISTA WINDI UTAMI-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
20.C1.0010-ARISTA WINDI UTAMI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
20.C1.0010-ARISTA WINDI UTAMI-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
20.C1.0010-ARISTA WINDI UTAMI-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img]
Preview
Text
20.C1.0010-ARISTA WINDI UTAMI-DAPUS_a.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
20.C1.0010-ARISTA WINDI UTAMI-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)

Abstract

Tindak pidana penipuan sering terjadi di masyarakat salah satunya tindak pidana penipuan penawaran kerja. Mengingat bahwa sulitnya dalam memperoleh pekerjaan, masyarakat yang kurang berhati-hati berpotensi menjadi korban penipuan. Penelitian dengan judul “Penerapan Sanksi Pidana Dalam Putusan Kasus Tindak Pidana Penawaran Kerja (Studi Kasus Putusan Nomor 492/Pid.B/2021 PN SMG)”, bertujuan untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam menjatuhkan Putusan terhadap tindak pidana penipuan penawaran kerja pada Putusan Nomor 492/Pid.B/2021 PN SMG dan untuk mengetahui penerapan sanksi pidana dalam kasus tindak pidana penipuan penawaran kerja kerja pada Putusan Nomor 492/Pid.B/2021 PN SMG. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan spesifikasi penulisan deskriptif analisis. Jenis data yang diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan majelis hakim dan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan baik berasal dari buku, jurnal, literatur peraturan perundang-undangan, dan pendapat para ahli. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain sebagai berikut: (1) pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana pada kasus tindak pidana penipuan penawaran kerja berdasarkan putusan nomor 492/pid.b/2021 pn smg terdiri dari pertimbangan fakta, pertimbangan hukum dan faktor lain yang menjadi tambahan pertimbangan hakim. Pertimbangan fakta meliputi alat bukti, barang bukti, keadaan yang memberatkan, keadaan yang meringankan. Pertimbangan hukum berupa penafsiran pasal yang terkait dengan tindak pidana penipuan penawaran kerja. Faktor lain yang menjadi tambahan pertimbangan hakim berupa latar belakang ekonomi dan motif perbuatan. (2) penerapan sanksi yang diberikan kepada terdakwa yuniati st binti bajuri (alm) berupa putusan hakim yang menyatakan hukuman pidana penjara selama satu tahun empat bulan dikurangi masa tahanan yang sudah dijalani terdakwa. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran bagi pelaku tindak pidana penipuan hendaklah jangan melakukan penipuan untuk menyelesaikan masalah pribadi dan untuk kepentingannya sendiri karena dapat mengakibatkan kerugian materiil para korbannya dan bagi masyarakat sebaiknya berhati-hati dalam menerima penawaran kerja yang diberikan, harus memastikan terlebih dahulu bahwa informasi penawaran pekerjaan yang ditawarkan benar adanya. Kata Kunci: Tindak Pidana Penipuan Penawaran Kerja, Pertimbangan Hakim

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr. Jodi Armanto
Date Deposited: 08 Jul 2024 05:38
Last Modified: 08 Jul 2024 05:38
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35846

Actions (login required)

View Item View Item