INTEGRASI GAME TRIVIA DI DALAM METAVERSE MALL PELAYANAN PUBLIK KOTA SEMARANG

WIDIANTO, DANIEL PRASETYA (2024) INTEGRASI GAME TRIVIA DI DALAM METAVERSE MALL PELAYANAN PUBLIK KOTA SEMARANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
19.N2.0005 - DANIEL PRASETYA WIDIANTO - COVER_a.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
19.N2.0005 - DANIEL PRASETYA WIDIANTO - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
19.N2.0005 - DANIEL PRASETYA WIDIANTO - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
19.N2.0005 - DANIEL PRASETYA WIDIANTO - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
19.N2.0005 - DANIEL PRASETYA WIDIANTO - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19.N2.0005 - DANIEL PRASETYA WIDIANTO - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
19.N2.0005 - DANIEL PRASETYA WIDIANTO - DAPUS_a.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
19.N2.0005 - DANIEL PRASETYA WIDIANTO - LAMPIRAN_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)

Abstract

Stand yang beragam di dalam metaverse mall pelayanan publik serta kurangnya edukasi membuat masyarakat terkadang menjadi bingung dalam melakukan kegiatan di dalamnya. metaverse mall pelayanan publik merupakan sebuah wadah virtual yang digunakan untuk melakukan kegiatan pelayanan publik. Teknologi metaverse ini di implementasikan di dalam sebuah game dan dimaksudkan agar unsur edukasi dapat tersampaikan dengan baik akibat adanya unsur hiburan yang ada. Tujuan pembuatan game MPP quiz adalah untuk mengetahui respon pengguna mengenai penerapan game trivia yang di dalamnya memuat unsur edukasi yang dikemas oleh teknologi metaverse. Metode penelitian yang digunakan adalah waterfall metode ini terdiri dari lima tahap yang ada di dalamnya yang pertama adalah tahap requirment (pengecekan terhadap seluruh syarat), setelah itu lanjut ke tahap design (membuat tampilan game agar terlihat menarik), setelah design selesai maka akan lanjut ke tahap implementation (memasukan dan menata asset yang ada di aplikasi unity dan mulai menyusun code), setelah tahap sebelumnya selesai maka game akan di tes dan ditentukan sudah sesuai atau belum (verification) dan apabila ada saran atau kritik dari para player maka developer harus masuk ke dalam tahap maintenance (perbaikan game), metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah kuantitatif dan dikemas dalam bentuk kuesioner. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan game MPP quiz diterima sebagai media edukasi dan pengenalan terhadap sistem pelayanan publik di Kota Semarang dikarenakan variabel dalam game ini saling berkorelasi antara satu dengan yang lainnya, sehingga dapat disimpulkan bahwa game MPP quiz berhasil melewati uji tersebut dan layak dijadikan sebagai game edukasi yang terkait erat dengan pelayanan publik di Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:23
Last Modified: 04 Jul 2024 03:23
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35839

Actions (login required)

View Item View Item