UJI INSULASI TERMAL PANAS DAN SUARA PADA BAHAN BANGUNAN ‘PERVA SANDWICH COMPOSITE PANEL’ SECARA LABORATORIUM DAN APLIKASI KONSTRUKSI DINDING BANGUNAN

SUSKIYATNO, BAMBANG and Ardiyanto, Antonius and Suwarno, Natalia UJI INSULASI TERMAL PANAS DAN SUARA PADA BAHAN BANGUNAN ‘PERVA SANDWICH COMPOSITE PANEL’ SECARA LABORATORIUM DAN APLIKASI KONSTRUKSI DINDING BANGUNAN. Technical Report. SCU. (Unpublished)

[img] Text
Lappengabdi_Uji Kedap Temperatur-merged.pdf

Download (2MB)

Abstract

‘Perva Sandwich Composite Panel’ merupakan material dinding yang dibentuk dari butiran kertas (paper) dengan perekat tapioca singkong (cassava) sebagai pengisi panel, dengan lapisan permukaan di 2 sisi bahan GRC (fibre glass reinforce concrete) board. Material panel ini merupakan temuan hasil penelitian sebelumnya yang sudah diterapkan pada bangunan mock-up 3.00 x 3.00 m dan teruji oleh waktu selama 4 tahun. Masih diperlukan spesifikasi tambahan untuk melengkapi spesifikasi teknis yang sudah dilakukan penelitian sebelumnya. Harapan dari dihasilkannya penemuan baru material alternative ini adalah agar dapat bersaing dengan produk- produk material yang telah ada dengan spesifikasi khusus terutama di aspek teknis ekologis. Penelitian ini bertujuan mencari spesifikasi teknis material ‘Perva Sanwich Composite Panel‘ tingkat daya insulasi termal panas dan insulasi suara. Metode penelitian yang akan dilakukan adalah berupa eksperimental laboratorium dan ekperimental aplikatif pada bangunan mock-up yang merupakan hasil penelitian sebelumnya. Penerapan material yang dimaksud adalah konstruksi dinding ‘Perva Sandwich Composite Panel’ pada bangunan mock - up. Penelitian eksperimental berupa pengujian daya insulasi termal panas dan pengujian daya insulasi suara pada material ‘Perva Sandwich Composite Panel’. Mekanisme pengujian insulasi termal panas benda panel diuji menggunakan alat sumber panas terhadap seberapa daya tahan material menghalangi termal panas dari sisi bidang permukaan yang berhadapan dengan sumber termal panas menembus sisi bidang permukaan sebaliknya yang tidak berhadapan dengan sumber panas. Nilai pengukuran termal panas menggunakan alat thermometer dengan satuan ⁰C (derajat Celcius). Mekanisme pengujian insulasi suara benda panel diuji menggunakan alat sumber bunyi terhadap seberapa daya tahan material menghalangi suara dari sisi bidang permukaan yang berhadapan dengan sumber suara menembus sisi bidang permukaan sebaliknya yang tidak berhadapan dengan sumber suara. Nilai bunyi menggunakan alat ‘sound level meter’ dengan satuan dB (decibel). Uji pengukuran tingkat insulasi termal panas maupun suara menggunakan 2 cara antara lain pengukuran pada tepat sisi permukaan benda uji (surface) dan pengukuran pada ruang yang berdekatan dengan benda uji (ambien).

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Architectural Structure
Divisions: Faculty of Architecture and Design
Depositing User: Ms Natalia Suwarno
Date Deposited: 07 May 2024 04:53
Last Modified: 07 May 2024 04:53
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35379

Actions (login required)

View Item View Item